Sukses

5 Aplikasi Pengenal Nomor Telepon Gratis yang Bisa Dipasang di Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Kerap mendapat telepon dari nomor tidak dikenal dan terganggu karenanya?

Ya, telepon dari orang yang tidak dikenal memang kadang membuat nyaman. Apalagi kalau isinya penipuan atau panggilan spam semata.

Untuk itu, Tekno Liputan6.com berikan sejumlah aplikasi pengenal nomor telepon yang bisa dipasang di Android maupun iPhone. Apa saja?

1. Truecaller: Caller ID & Block

Truecaller bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi pengenal nomor telepon yang paling banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi Truecaller dapat diunduh di Android maupun iPhone dan layanan ini bisa digunakan secara gratis.

TrueCaller ID bisa mengidentifikasi dan memblokir robocaller, fraudster, telemarketer, dan panggilan tak diinginkan lainnya. Tidak hanya itu, detektor spam tingkat lanjutnya juga otomatis memblokir dan melindungi pengguna dari panggilan dan SMS palsu.

Nomor telepon dalam daftar spam pun terus diperbarui secara real-time oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

2. Getcontact

Aplikasi lain yang dapat digunakan untuk mengenali nomor telepon asing adalah Getcontact. Layanan yang tersedia di Android dan iPhone ini disebut-sebut telah dipakai oleh lebih dari 150 juta pengguan di seluruh dunia.

Getcontact juga mengklaim sebagai aplikasi yang menjunjung privasi dan keamanan.

Seperti Truecaller, aplikasi Getcontact dapat mengidentifikasi panggilan nomor asing serta memblokir nomor yang dikenali sebagai spam. Dengan begitu, pengguna bisa terlindungi dari kontak-kontak yang tidak diinginkan seperti penipu atau telemarketer.

Getcontact juga memanfaatkan dukungan komunitas untuk melaporkan nomor telepon dengan memberi label. Misalnya nomor spam, fraudster, atau telemarketer.

Meski layanan ini gratis, pengguna bisa berlangganan salah satu paket premium untuk bisa menggunakan fitur Getcontact yang disempurnakan.

3 dari 6 halaman

3. Whoscall

Aplikasi pengenal panggilan Whoscall, juga bisa diunduh di Android atau iPhone. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna. Aplikasi ini juga mencakup 1,6 miliar database berisi nomor telepon dari komunitas global.

Fungsi aplikasi Whoscall sejenis dengan Truecaller dan Getcontact, yakni mengidentifikasi penelepon yang namanya tidak disimpan di buku telepon, memblokir telepon mengganggu, dan mencari nomor telepon.

Layanan premium atau berbayar dari Whoscall mencakup ekstensi database offline yang memberikan informasi tiap panggilan, update otomatis database offline, dan bebas dari iklan.

4 dari 6 halaman

4. Hiya - Call Blocker, Fraud Detection & Caller ID

Aplikasi pengenal nomor telepon Hiya tersedia di Android dan iPhone. Aplikasi ini mendukung pengenalan panggilan spam dan memblokirnya.

Selain itu, pengguna juga bisa mencari nomor telepon, baik itu teman, penelepon, atau nomor penipuan. Pengguna juga akan mendapatkan peringatan spam dan deteksi penipuan.

Meski bisa digunakan secara gratis, Hiya menawarkan layanan premium atau berbayar.

5 dari 6 halaman

5. Showcaller - Caller ID & Block

Aplikasi lainnya yang juga bisa mengenali nomor telepon asing adalah Showcaller. Aplikasi ini mengkhususkan diri dalam mengidentifikasi ID penelepon dan menghindari spam, telemarketing, dan panggilan penipuan.

Fitur-fitur utama dari Showcaller adalah ID caller, pemblokir panggilan, perekam panggilan, pencarian nomor telepon, hingga pemutar nomor. Showcaller juga mengklaim punya dukungan dual SIM.

Sementara, akses Showcaller premium mendukung pencarian dalam jumlah tak terbatas, pemblokiran spam otomatis, dan layanan tanpa iklan.

Showcaller juga memastikan pihaknya tidak mengunggah buku telepon pengguna agar diketahui umum atau agar dapat dicari.

(Tin/Isk)

6 dari 6 halaman

Infografis Tentang Manfaat Aplikasi PeduliLindungi