Sukses

Beredar Video Hoaks Pesawat Garuda Indonesia Mendarat Darurat, Ini Faktanya

Dalam posting di Twitter, ini merupakan video singkat penerbangan pesawat Garuda Indonesia Flight 200 yang harus melakukan pendaratan darurat di sebuah bandara di Iran.

Liputan6.com, Jakarta - Warganet dibuat terkejut dengan beredarnya video hoaks terkait sebuah pesawat Garuda Indonesia yang tampak kesulitan saat melakukan pendaratan.

Dalam posting di Twitter, ini merupakan video singkat penerbangan pesawat Garuda Indonesia Flight 200 yang harus melakukan pendaratan darurat di sebuah bandara di Iran.

Setelah ditelusuri tim Tekno Liputan6.com, ternyata video singkat yang beredar di Twitter atau media sosial lainnya adalah tangkapan layar sebuah gim flight simulator.

Adapun gim tersebut adalah X-Plane 11. Sementara, tangkapan layar yang ramai beredar di internet adalah potongan klip buatan YouTuber bernama Bopbibun.

Berjudul "Most Crazy Emergency Landing By Drunk Pilot | X-Plane 11," video ini diunggah pertama kali pada 20 November 2020.

Dirinya pun secara jelas menjelaskan dalam deskripsi videonya, "ini hanya sebuah video simulasi penerbangan. Situasi ini tidak nyata!"

"Semua yang ada di video ini tidak terjadi di kehidupan nyata, karena situasi ini hanya tantangan yang saya coba di dalam simulasi penerbangan," tulis Bopbibun.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa itu X-Plane 11

Cek Fakta pesawat Garuda Indonesia mendarat darurat di Iran.

Lebih lanjut, X-Plane 11 merupakan sebuah flight simulator yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Laminar Research.

Disebutkan, flight simulator ini sudah tersedia untuk platform macOS, Windows, Android, iOS, dan webOS.

Layaknya gim flight simulator lainya, X-Plane menampilkan deretan pesawat komersil dan militer yang dapat dikendarai ke berbagai lokasi bandara di dunia.

(Ysl/Isk)

3 dari 3 halaman

Infografis Krisis Kepak Sayap Garuda Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.