Sukses

Pulang dari Luar Angkasa, Miliarder Jepang Yusaku Maezawa Ingin Jelajahi Palung Mariana

Liputan6.com, Jakarta - Usai kembali dari perjalanannya di luar angkasa, miliarder Jepang, Yusaku Maezawa, mengungkapkan dirinya berkeinginan untuk menjelajahi Palung Mariana.

Bulan lalu, Maezawa dan sang asisten Yozo Hirano, menghabiskan 12 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional, di mana mereka mendokumentasikan kesehariannya di luar angkasa dan diunggah ke YouTube.

Menurut Maezawa, di Tokyo, Jepang pada Jumat pekan lalu, perjalanannya membuat dia lebih menghargai Bumi.

"Pergi ke luar angkasa membuat kamu semakin terpesona dengan Bumi," ujarnya seperti dikutip dari Japan Today, Senin (10/1/2022), dalam konferensi persnya yang pertama sejak ia kembali ke Jepang.

"Kamu belajar menghargai bagaimana merasakan angin, mencium sesuatu, mengalami musim," kata Yusaku Maezawa. "Saya pikir: Bumi itu luar biasa."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ingin ke Palung Mariana

Petualangannya di Stasiun Luar Angkasa merupakan yang pertama dari penjelajahan luar angkasa yang direncanakan oleh Maezawa.

Pria 46 tahun itu dijadwalkan akan mengajak delapan orang dalam misi mengelilingi Bulan pada 2023, dengan operasional yang dilayani oleh SpaceX milik Elon Musk.

Namun, Maezawa juga mengatakan ada eksplorasi lain di dalam pikirannya. Dia mengatakan tidak hanya ingin pergi bulan.

"Tidak hanya melakukan perjalanan ke atas tetapi juga ke bawah adalah impian saya yang lain," ungkap Maezawa.

"Saya sedang berpikir untuk pergi ke Palung Mariana, jauh di bawah laut," sambungnya.

Menurut Maezawa, dia ingin terus menghadapkan dirinya dengan tantangan. Palung Mariana sendiri merupakan tempat terdalam di Bumi dan jarang dikunjungi manusia.

3 dari 4 halaman

Sudah Dipersiapkan

Maezawa mengungkapkan, sudah ada beberapa elemen dari perjalanan yang direncanakan, termasuk kapal selam yang akan ia gunakan dan berapa lama ekspedisi akan dilakukan, semua sudah diputuskan.

Meski begitu, Maezawa masih menolak untuk mengungkapkan rinciannya.

Perjalanan Maezawa ke luar angkasa sendiri menelan hingga 10 miliar Yen. Beberapa kritik menyebutnya pendiri Zozotown itu memiliki "hobi yang hedonistik."

Terkait kritik, Maezawa hanya mengatakan mungkin ada beberapa orang yang takut dan berhenti saat dirinya menghadapi kritik.

"Bagi saya, saya tidak selalu berhasil. Saya tidak membuat semua impian saya menjadi kenyataan. Namun saya tetap percaya bahwa menerima tantangan itu menyenangkan," kata Maezawa.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.