Sukses

15 Aplikasi Paling Banyak Diunduh Pengguna iOS Indonesia Sepanjang 2021

Berikut 15 aplikasi paling banyak diunduh pengguna iOS di Indonesia sepanjang 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset Sensor Tower mengungkap aplikasi-aplikasi paling banyak diunduh oleh pengguna di Indonesia sepanjang 2021.

Jika sebelumnya Tekno Liputan6.com mengkurasi daftar aplikasi paling banyak diunduh di Android, kini giliran aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna iOS di Indonesia.

Berikut adalah 15 aplikasi paling banyak diunduh pengguna iOS sepanjang 2021, dikutip dari Sensor Tower, Jumat (31/12/2021):

1. Capcut - Video Editor

Seperti namanya, CapCut - Video Editor adalah aplikasi untuk mengedit video dari ByteDance Pte. Ltd. Sepanjang pandemi, memang aplikasi semacam ini banyak dipakai oleh pengguna smartphone, pasalnya makin banyak orang yang membuat konten video. Mulai dari konten tugas sekolah atau sekadar video aktivitas sehari-hari untuk diunggah ke media sosial.

2. PeduliLindungi

Aplikasi tracking dan tracing Covid-19 milik pemerintah Indonesia PeduliLindungi memang kini jadi aplikasi yang wajib dimiliki.

Pasalnya aplikasi ini digunakan sebagai akses untuk masuk ke tempat umum dan pusat layanan, seperti perbankan, pusat perbelanjaan, stasiun kereta, bandara, hingga kedai kopi sekali pun.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

3. Widgetsmith

Aplikasi Widgetsmith seperti namanya adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna perangkat iOS seperti iPhone untuk melakukan tampilan personalisasi home screen.

Seperti diketahui, tampilan iPhone selama ini memang tidak bisa banyak dipersonalisasi seperti Android, makanya aplikasi besutan pengembang Widgetsmith ini jadi salah satu aplikasi terbanyak yang diunduh pengguna di Indonesia.

4. WhatsApp Messenger

Aplikasi chatting besutan WhatsApp Inc ini memang kini menjadi aplikasi chat nomor satu di dunia. Jumlah penggunanya menyentuh angka miliaran, tidak heran kalau di Indonesia pun aplikasi chatting WhatsApp juga cukup banyak diunduh.

3 dari 8 halaman

5. Instagram

plikasi media sosial Instagram kini tidak hanya bisa dipakai untuk mengunggah foto tetapi juga video-video kreasi melalui fitur Reels atau IG TV.

Aplikasi ini menawarkan hiburan yang menyenangkan, terutama di tengah pandemi. Pengguna tetap bisa terhubung dengan kolega, teman, maupun keluarga melalui aplikasi ini. Tidak heran kalau Instagram jadi salah satu aplikasi paling banyak diunduh oleh pengguna Indonesia sepanjang 2021 ini.

6. WeTV: Drama Asia Terbaik

Aplikasi video streaming tentu jadi hiburan di kala pandemi. Layanan streaming WeTV besutan Image Future menyediakan konten berupa drama, film, anime, variety show terpopuler dari berbagai negara, termasuk drama Korea yang tengah populer.

 

4 dari 8 halaman

7. TikTok

Siapa yang tidak kenal TikTok? Aplikasi video pendek ini diklaim sudah diakses hingga melampaui Google. Aplikasi TikTok kini tak sekadar menyuguhkan video-video dance tetapi juga berbagai informasi dan tutorial. Mulai dari video berita hingga tutorial make up dan masak.

8. YouTube

Pengguna perangkat iOS tentu harus mengunduh YouTube jika ingin menikmati berbagai video di layanan berbagi video besutan Google ini. Pasalnya, aplikasi YouTube bukan jadi aplikasi bawaan di platform iOS.

Padahal YouTube jadi aplikasi yang sepertinya wajib dimiliki oleh pengguna smartphone, mengingat konsumsi atau streaming video kini jadi hiburan sekaligus bagian untuk menemukan kreativitas.

9. Shopee 1.1 New Year Sales

Aplikasi e-commerce Shopee membantu pengguna untuk berbelanja online dan memenuhi kebutuhan saat pandemi. Tidak heran jika aplikasi ini banyak diunduh oleh pengguna di Indonesia.

 

5 dari 8 halaman

10. VN Video Editor

Aplikasi edit video besutan Ubiquiti Labs, LLC ini banyak diunduh pengguna di Indonesia. Sepanjang pandemi, memang aplikasi semacam ini banyak dipakai oleh pengguna smartphone, pasalnya makin banyak orang yang membuat konten video. Mulai dari konten tugas sekolah atau sekadar video aktivitas sehari-hari untuk diunggah ke media sosial.

11. Google Maps - Transit & Restoran

Seperti YouTube, aplikasi Google Maps tidak tersedia secara default di perangkat dengan iOS. Padahal, di kalangan pengguna Indonesia, peta Google adalah peta paling familiar. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika aplikasi ini diunduh oleh banyak pengguna iOS di Tanah Air.

 

6 dari 8 halaman

12. Facebook

Meski layanannya dianggap penuh kontroversi, di kalangan pengguna smartphone di Indonesia, Facebook masih banyak diunduh. Apalagi, jumlah pengguna Facebook di Indonesia terbilang jadi salah satu yang terbanyak di dunia. Tidak mengherankan jika pada 2021 ini, pengguna iOS masih banyak yang mengunduh aplikasi Facebook.

13. Telegram Messenger

Pesaing WhatsApp ini mulai banyak diinstal oleh pengguna smartphone di Indonesia seiring dengan WhatsApp yang beberapa waktu lalu mengubah kebijakan privasinya. Ada cukup banyak pengguna yang berpindah ke Telegram atau menggunakan Telegram sebagai opsi lain untuk terhubung dengan kolega maupun keluarga.

 

7 dari 8 halaman

14. Getcontact

Aplikasi GetContact adalah aplikasi yang mampu mengenali nomor telepon orang-orang yang menghubungi kita. Aplikasi ini dikembangkan oleh Getverify LDA.

15. Gojek

Tidak bisa dimungkiri, Gojek menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh pengguna di Indonesia. Bagaimana tidak, aplikasi super app ini mampu menyajikan berbagai layanan dalam sebuah aplikasi, mulai dari pesan jasa kendaraan online, pesan antar makanan, pembelian kebutuhan sehari-hari, pengantaran paket ke keluarga, dan lain-lain.

(Tin/Isk)

8 dari 8 halaman

Infografis Kenali Fungsi Skrining Aplikasi PeduliLindungi untuk 6 Aktivitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.