Sukses

Tokopedia dan GoPay Terapkan QRIS di Warung Tradisional

Tokopedia dan GoPay menerepkan sistem pembayaran nontunai QRIS yang menargetkan puluhan ribu warung di ekosistem Mitra Tokopedia di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia dan GoPay menerapkan sistem pembayaran nontunai QRIS yang menargetkan puluhan ribu warung di ekosistem Mitra Tokopedia di seluruh Indonesia.

"Cukup scan QR code QRIS yang ada di warung untuk melakukan pembayaran. Melalui inisiatif ini, kami ingin mendukung terwujudnya cashless society dan inklusi ekonomi dan keuangan di Indonesia," ujar Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni.

Perusahaan, kata Astri, berharap dapat mendorong kontribusi pegiat usaha tradisional terhadap pertumbuhan ekonomi digital sekaligus membantu memperluas cakupan penggunaan QRIS.

"Kami percaya kolaborasi adalah kunci pemulihan negeri," tutur Astri.

Sementara itu, Asisten Gubernur Bank Indonesia/Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, Filianingsih Hendarta, menyatakan apresiasinya atas inisiatif Tokopedia dan GoPay ini.

"Sampai 10 Desember 2021, sudah terdapat lebih dari 13,6 juta merchant; 96% [dari 13,6 juta] merupakan UMKM yang tergabung dalam ekosistem QRIS," kata Filianingsih.

Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya sangat menyambut hangat kolaborasi Tokopedia dan GoPay dalam memperluas penggunaan QRIS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Transaksi Lebih Efisien Berkat QRIS

GoPay sejak tahun 2019 telah menerapkan digitalisasi pada merchant yang tergabung di ekosistem GoTo melalui QRIS, serta membantu masyarakat untuk dapat melakukan transaksi pembayaran lebih efisien.

Head of Regulatory Affairs GoPay, Yogi Harsudiono, menuturkan bahwa keikutsertaan GoPay dalam penerapan QRIS telah memfasilitasi jutaan konsumen untuk bertransaksi di berbagai merchant, termasuk UMKM, secara lebih efisien.

"Kolaborasi bersama Tokopedia ini juga merupakan kelanjutan langkah dalam komitmen kami untuk mengakselerasi sistem pembayaran non-tunai sekaligus mewujudkan inklusi ekonomi dan keuangan di Indonesia," kata Yogi.

3 dari 4 halaman

Mitra Tokopedia

Saat ini Mitra Tokopedia telah dimanfaatkan oleh jutaan pegiat usaha tradisional untuk melayani masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia.

Perusahaan mengklaim, jumlah penambahan jangkauan kota dan kabupaten mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan dua tahun lalu

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Unicorn di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini