Sukses

Startup Solusi Rantai Pasok Praktis Raih Pendanaan Praseri A dari East Ventures

Praktis, startup penyedia solusi rantai pasokan berbasis data untuk brand DTC (direct to consumer), mengumumkan telah meraih pendanaan praseri A dalam jumlah yang tidak dipublikasikan.

Liputan6.com, Jakarta - Praktis, startup penyedia solusi rantai pasokan berbasis data untuk brand DTC (direct to consumer), mengumumkan telah meraih pendanaan praseri A dalam jumlah yang tidak dipublikasikan.

Putaran pendanaan ini dipimpin oleh East Ventures yang juga melibatkan Triputra Group.

Perusahaan mengatakan investasi yang diraih akan dialokasikan untuk mempercepat peningkatan teknologi, membangun tim, dan meningkatkan penawaran produk.

"Mengatur operasional bisnis dari mengelola pengadaan, logistik, hingga manajemen toko selain merancang dan memasarkan produk bagus dapat menjadi masalah besar bagi brand UKM DTC. Di sinilah kami hadir dengan menyediakan layanan manajemen operasional yang mulus,” kata Dipta Imanto, Co-founder dari Praktis dalam keterangan resmi yang dikutip pada Jumat (16/12/2021).

Pada 2025, pasar DTC Indonesia di bidang fesyen, makanan dan perawatan pribadi serta mebel dan peralatan rumah tangga diproyeksi akan menyentuh angka USD 36.120 miliar per tahun. Dipta menyebut bidang-bidang itulah yang saat ini menjadi fokus utama perusahaan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pasar Menjanjikan

Sementara itu, Adrian Gilrandy, Co-founder dari Praktis juga menegaskan bahwa pasar DTC di Indonesia sangat menjanjikan.

"Hal ini tecermin dalam pendapatan bulanan kami yang mengalami pertumbuhan lebih dari 12x (YoY) pada tahun 2021 dengan perkiraan CAGR hingga 24x dan 31% CMGR berdasarkan periode 8 bulan dari Januari hingga September 2021," tutur Adrian.

Perusahaan, kata Adrian, memungkinkan brand DTC untuk lebih berfokus pada kompetensi inti mereka untuk meraih pendapatan lebih tinggi dengan pemanfaatan modal kerja efisien.

Adrian pun optimistis dalam waktu dekat perusahaan akan mengalami pertumbuhan pendapatan hingga 6x lipat.

 

3 dari 4 halaman

Fitur Praktis

Praktis membantu pemilik brand mengelola kegiatan operasional sehari-hari. Platform Praktis memiliki visibilitas penuh terhadap semua proses rantai pasokan, sehingga perencanaan produksi dan proses pengontrolan inventaris bisa lebih optimal dan lebih hemat biaya.

Layanan Praktis terdiri dari aktivitas pengadaan dan produksi yang memungkinkan brand memanfaatkan jaringan luas pemasok milik Praktis untuk membuat dan mengembangkan produk mereka; layanan logistik dan fulfillment yang menawarkan efisiensi operasional melalui sistem otomatis dan mitra; sistem manajemen pesanan bagi brand untuk memasuki kanal penjualan yang tepat berdasarkan data dan prediksi permintaan; serta akses ke pembiayaan modal kerja yang membantu pengembangan brand.

 

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Unicorn di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.