Sukses

Indosat Ooredoo Gelar IDCamp Bootcamp for Disabilities 2021, Usung Program Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo menghadirkan IDCamp Bootcamp for Disabilities 2021 bertepatan dengan peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021. Kegiatan ini menjadi wujud komitmen perusahaan mendukung generasi muda Indonesia untuk menjadi talenta digital yang bersifat inklusi

Sejak meluncur pertama kali pada 2019, IDCamp telah konsisten menyelenggarakan Bootcamp for Disabilities yang bertujuan mendukung perkembangan seluruh talenta digital di Indonesia agar siap bersaing di era ekonomi digital, termasuk penyandang disabilitas.

"Dengan semangat optimisme dalam perayaan Hari Disabiltias Internasional, kami ingin mengapresiasi semangat dari seluruh 1.536 peserta IDCamp yang juga penyandang disabilitas untuk mengembangkan potensi maksimalnya pada bidang teknologi digital," tutur SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (6/12/2021).

IDCamp Bootcamp for Disabilities 2021 ini akan menyediakan pelatihan menggunakan kelas tatap muka virtual bagi para calon developer dengan disabilitas. Namun pada tahun ini, pelatihan dalam Bootcamp juga dilengkapi sistem belajar mandiri secara virtual selama 10, mulai dari 29 November hingga 10 Desembe 2021.

Para peserta IDCamp Bootcamp for Disabilities 2021 akan mendapatkan kelas belajar dasar pemogramam web, seperti Pengenalan Web Development, Dasar-Dasar HTML (HTML5) & Inline Styling, Dasar Styling dengan CSS, Card Styling, Positioning & Float, Flexbox & Table Layout, Responsive Layout dengan CSS, serta DOM Manipulation.

Setelah menyelesaikan program pelatihan dasar, para peserta dapat melanjutkan pelatihan virtual ke tingkat yang lebih tinggi dalam rangkaian program IDCamp. Lalu di akhir program, Indosat Ooredoo bekerja sama dengan Dicoding sebagai Google Developers Authorized Training Partner di Indonesia untuk membantu para developer lulusan terbaik IDCamp memperoleh sertifikasi.

Sebelumnya, IDCamp juga telah menggelar IDCamp Virtual Training for Teachers pada November 2021 untuk meningkatkan kompetensi guru, khususnya yang mengajar di SMK.

Adapun program itu diadakan untuk memenuhi kualifikasi keahlian programming/coding yang memadai sekaligus sejalan dengan perkembangan dan kebutuhan industri.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Indosat Ooredoo dan Snap Gelar IDCamp Developer Challenge Terakhir di 2021

Sebelumnya, Indosat Ooredoo dan Snapchat kembali menggelar IDCamp Developer Challenge di penghujung 2021. Gelaran yang ketiga ini bertajuk AR Creator Holiday Series.

Indosat Ooredoo mengatakan, tantangan ini bertujuan meningkatkan ekosistem augmented reality (AR) di Indonesia, dan mengajak developer untuk membuat lensa AR dengan Lens Studio, aplikasi desktop dari Snap.

Arief Musta'in, Director & Chief Strategy and Inovation Officer Indosat Ooredoo mengatakan, mereka menantikan kreasi lensa yang lebih kreatif untuk IDCamp Developer Challenge AR Creator ketiga dan terakhir tahun ini.

"Kami meyakini dengan inisiatif ini, akan membawa para talenta digital Indonesia untuk semakin siap menjadi creative player di dunia metaverse mendatang," kata Arief dalam siaran persnya, Selasa (30/11/2021).

Sebelumnya, Indosat Ooredoo dan Snap telah menggelar dua tantangan yaitu Lensathon Ramadan dan Hari Kemerdekaan. Tantangan terakhir tahun ini memiliki tema Holiday Series.

3 dari 4 halaman

Di Jalur yang Tepat

Karya lensa akan dinilai berdasarkan kriteria yang serupa dengan dua tantangan sebelumnya yaitu seperti kompleksitas, kreativitas, fungsionalitas, dan keterlibatan.

"Antusiasme yang ditunjukkan oleh peserta menunjukkan, Indonesia berada di jalur yang tepat untuk menjadi negara yang semakin digital," ujar Arief.

Anubhav Nayyar, Director of Market Development SEA, Snap mengatakan, Developer Challenge yang sedang berlangsung adalah investasi Snapchat dalam menumbuhkan komunitasnya di Indonesia.

"Kami sangat senang dengan antusiasme dan keterlibatan yang ditunjukkan oleh komunitas di Indonesia untuk dua developer challenge sebelumnya," kata Nayyar.

"Kami sangat antusias untuk melihat kreasi lensa di challenge terakhir kami, Holiday Series," tambahnya.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia