Sukses

Cara Cek Rata-Rata Waktu yang Kamu Habiskan di Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu bosan atau merasa terlalu lama melakukan scrolling, atau melihat-lihat foto dan video di Instagram?

Namun di sisi lain, kamu merasa sudah kesulitan untuk melepaskan diri dari menggunakan Instagram hingga menyadari durasi penggunaan yang dihabiskan sudah terlalu lama.

Instagram sendiri sebenarnya telah menyediakan tools untuk melihat berapa lama rata-rata waktu yang dihabiskan menggunakan media sosial tersebut.

Pengguna sebenarnya bisa melihat lama waktu rata-rata yang dihabiskan di Instagram dalam tujuh jari terakhir.

"Waktu yang dihabiskan di Instagram dimulai saat Anda membuka aplikasi dan berakhir saat Anda menutupnya atau beralih ke aplikasi lain di perangkat Anda," tulis Instagram di laman Pusat Bantuannya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengetahui Durasi Penggunaan Instagram

Jika kamu ingin tahu berapa lama waktu yang dihabiskan di Instagram, berikut ini caranya:

  1. Masuk ke bagian profil di sebelah kanan bawah,
  2. Lalu, pilih ikon tiga garis mendatar yang ada di bagian kanan atas Instagram,
  3. Pilih menu Aktivitas Anda atau Your Activity, lalu ketuk Waktu atau Time. Di sana, kamu bisa menemukan waktu rata-rata yang dihabisan di Instagram dalam sepekan terakhir.

Apabila kamu membutuhkan bantuan otomatis dari Instagram, agar mengingatkanmu soal durasi, pilih Setel Pengingat Harian atau Set Daily Reminder yang ada di bawah grafik dan tulisan Kelola Waktu Anda (Manage Your Time).

Di situ, pengguna bisa mengatur pengingat untuk memberi tahu ketika sudah menghabiskan sejumlah waktu tertentu di Instagram.

3 dari 4 halaman

Instagram Uji Coba Take a Break

Beberapa waktu lalu, Adam Mosseri, Head of Instagram, juga mengumumkan mereka sedang menguji coba fitur yang diberi nama "Take a Break."

Dengan fitur ini, pengguna bisa mendapatkan pengingat untuk mengambil jeda saat menggunakan media sosial tersebut.

"Kontrol keikutsertaan ini memungkinkan Anda menerima pengingat istirahat dalam aplikasi setelah durasi yang dipilih," kata Mosseri.

Perusahaan di bawah Meta ini mengatakan, jika pengguna menerima pemberitahuan untuk beristirahat, mereka akan memberikan saran untuk menutup aplikasi Instagram.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Jurus 20-20-20 Tangkal Computer Vision Syndrome Selama WFH