Sukses

Truecaller Versi 12 Meluncur Usung Fitur Baru, Apa Saja?

Truecaller baru saja mengumumkan telah meluncurkan versi 12 yang hadir dengan deretan fitur terbaru, termasuk yang diinginkan para pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Truecaller baru saja meluncur dalam versi terbaru, yakni Truecaller Versi 12. Dalam versi terbaru ini, ada beberapa fitur tambahan yang diinginkan oleh komunitas pengguna Truecaller.

"Versi 12 memungkinkan pengguna, di seluruh dunia dan di Indonesia, untuk menikmati beberapa fitur tambahan yang mendukung komunikasi yang lebih efisien," tutur Co-Founder & CEO Truecaller, Alan Mamedi, dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (26/11/2021).

Adapun beberapa fitur baru yang dihadirkan di Truecaller versi 12 ini adalah Video Caller ID, User Interface yang diperbarui, Call Recording, Ghost Call, dan Call Announce. Seluruh fitur di aplikasi identifikasi spam ini akan diluncurkan secara bertahap untuk semua pengguna HP Android.

Lebih lanjut Alan menuturkan, Truecaller juga berkomitmen memprioritaskan kebutuhan konsumen dan memungkinkan mereka mengontrol data pribadinya secara independen. Karenanya, versi terbaru ini menggabungkan beberapa fitur yang disarankan oleh para pengguna.

Untuk mengetahui seperti apa fitur baru yang hadir di Truecaller versi 12, berikut ini ada pembahasan singkatnya.

  • Video Caller ID : Fitur ini memungkinkan pengguna mengaktifkan video pendek yang diputar secara otomatis saat menelpon teman dan keluarga untuk merasakan pengalaman menelpon lebih personal.
  • Streamlined New Interface : Dengan feedback yang diterima selama setahun terakhir, Truecaller kini memperkenalkan tab terpisah untuk panggilan telepon dan SMS.
  • Call Recording : Fitur ini awalnya hanya diperkenalkan untuk pengguan premium, tapi kini kembali dan tersedia untuk semua orang yang menggunakan perangkat minimal Android 5.1.
  • Ghost Call : Dengan Ghost Call, pengguna dapat berpura-pura menerima panggilan dari nama, nomor, dan foto yang sudah diatur sebelumnya. Fitur ini hanya hadir untuk pelanggan Premium dan Gold.
  • Call Announce : Jika fitur ini aktif, Truecaller akan mengucapkan dengan lantang Caller ID yang masuk, sehingga pengguna dapat mengetahui siapa yang menelpon tanpa melihat layar. Sama seperti Ghost Call, fitur ini hanya tersedia untuk pelanggan Truecaller Premium dan Gold.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Truecaller Luncurkan Kampanye Tingkatkan Kesadaran Pengguna dari Spam

Panggilan spam di Indonesia ternyata masuk dalam salah satu yang terbesar di Asia, bahkan di dunia. Hal itu diketahui dari data Truecaller Insight 2020.

Berdasarkan data tersebut, rata-rata panggilan spam di Indonesia mencapai 18 kali per orang setiap bulan. Jumlah itu membuat Indonesia menghadapai ancaman panggilan spam terbesar di Asia dan menempati peringkat enam dunia.

Dengan adanya data tersebut, Truecaller sebagai aplikasi smartphone identifikasi nomor telepon pun menjadikan Indonesia sebagai pasar prioritas dengan meluncurkan kampanye edukasi #KnowYouCaller.

"Sebagai platform global verifikasi kontak dan memblokir komunikasi tidak diinginkan, kami berharap kampanye ini dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya keamanan berkomunikasi," tutur Global Head of Corporate Communication Truecaller, Hitesh Raj Bhagat, dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (10/11/2021).

Lebih lanjut, Hitesh menuturkan, peningkatan kesadaran publik terhadap ancaman telepon dinilai penting karena potensi kerugian yang ditimbulkan. Menurut laporan Polri, aksi kejahatan siber umumnya berasal penipuan yang dilakukan lewat beberapa metode, salah satunya telepon.

Sebagai bagian dari kampanye ini, Truecaller meluncurkan video bertema Serigala Berbulu Domba yang diperankan oleh tiga artis ternama, seperti Yayan Ruhiyan, Dinda Kanya, dan Billy Boedjanger. Masing-masing dari mereka memerankan tokoh fiktif penipuan yang banyak menargetkan pengguna di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Indonesia Jadi Pasar Utama

Di sisi lain, sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, pasar Indonesia menjadi fokus utama Truecaller di kawasan ini. Berdasarkan riset terbaru Truecaller, Indonesia menghadapi ancaman spam terbesar keenam di dunia.

Kehadiran Truecaller diharapkan membantu para pengguna di Indonesia menangani masalah ini sehingga komunikasi menjadi lebih aman dan efisien.

Truecaller memiliki kapasitas dan keahlian yang tepat untuk mengukur dan memenuhi permintaan pengguna.

Khususnya di era digital dengan penipuan terhadap transaksi elektronik semakin merajalela. Di Amerika Serikat diperkirakan telah merugi senilai USD 30 miliar atau setara Rp 426,6 triliun per tahun  Jumlah ini diperkirakan akan terus berlipat ganda.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.