Sukses

Malware Joker Kembali, Cepat Hapus 15 Aplikasi Jahat Ini dari Android

15 aplikasi di Android telah disusupi malware Joker, para pengguna Android pun diminta untuk menghapus aplikasi-aplikasi di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Analis di perusahaan keamanan siber Kaspersky, Tatyana Shishkova, memperingatkan pengguna tablet dan HP Android atas kembalinya malware Joker di toko aplikasi Google Play Store.

Shishkova menemukan setidaknya 14 aplikasi Android terinfeksi malware Joker. Malware Joker memang dianggap cukup menakutkan saat operasinya begitu masif tahun lalu. Malware ini menginfeksi sejumlah aplikasi Android dan pihak Google menghapusnya dari toko aplikasi.

Kini aplikasi yang disusupi malware Joker kembali lagi di toko aplikasi Google. Aplikasi-aplikasi ini telah dipasang lebih dari 50.000 kali.

Mengutip News18, Kamis (25/11/2021), malware Joker kerap menginfeksi sejumlah aplikasi populer di Google Play Store. Perangkat pun akan terinfeksi ketika aplikasi yang disusupi Joker dipasang di smartphone.

Malware Joker dapat masuk ke Google Play Store melalui perubahan kecil pada kodenya. Aplikasi ini juga bisa melewati pemeriksaan keamanan Play Store.

Malware ini cukup keras kepala dan sering muncul kembali meskipun Google telah menghapus aplikasi-aplikasi yang disusupi Joker.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelakuan Jahat Malware Joker

Sekadar informasi, malware Joker pertama kali ditemukan pada 2017. Sejak itu, Google berusaha keras untuk mengamankan pengguna dari malware ini selama bertahun-tahun.

Apa yang dilakukan malware Joker? Rupanya, malware ini diam-diam mencuri uang dari pengguna dengan berlangganan layanan online di background tanpa sepengetahuan pengguna.

Malware ini bisa mengklik iklan online secara otomatis, dapat mengakses kode OTP dari SMS untuk menyetujui pembayaran secara diam-diam.

Pengguna bahkan tidak akan mengetahui bahwa mereka telah berlangganan beberapa layanan online tanpa memeriksa laporan bank.

Berikut adalah ke-15 aplikasi Android yang disusupi malware Joker dan perlu dihapus jika ada di Android kamu:

3 dari 3 halaman

15 Aplikasi yang Disusupi Malware Joker

1. Easy PDF Scanner

2. Now QRCode Scan

3. Super Click VPN

4. Volume Booster Louder Sound Equalizer

5. Battery Charging Animation Bubble Effect

6. Smart TV Remote

7. Volume Boosting Hearing Aid

8. Flashlight Flash Alert on Call

9. Halloween Coloring

10. Classic Emoji Keyboard

11. Super Hero-Effect

12. EmojiOne Keyboard

13. Dazzling Keyboard

14. Battery Charging Animation Wallpaper

15. Blender Photo Editor-Easy Photo Background Editor.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.