Sukses

Winamp Bakal Bangkit Kembali dengan Logo Baru

Liputan6.com, Jakarta - Winamp pertama kali diluncurkan pada 1997 dan langsung menjadi software media player terpopuler bagi pengguna PC.

Akan tetapi, ketenaran software media player ini semakin meredup pada awal tahun 2000-an. Salah satu alasannya adalah pengembang tidak merilis update tidak berkala.

Karena tidak ada update dan kalah bersaing dengan aplikasi streaming musik, seperti Spotify, Deezer, Melon, Napster dkk, Winamp pun resmi "dimatikan" pada 2013.

Namun pada Oktober 2018, para pengembang sempat memutuskan untuk menerbitkan versi Winamp 5.8 secara online di situs mereka, yaitu Winamp.com.

Meski sejak 2018 tidak ada perubahan di situs, tiba-tiba Winamp.com berubah tampilan halaman depannya.

Dilansir Vosveteit, Senin (22/11/2021), Winamp.com kini memiliki tampilan backgroud website yang berbeda dan memiliki logo yang baru.

Saat berkunjung ke situs, kamu dapat mendaftarkan diri untuk ikut uji coba beta Winamp sebelum tersedia secara global nantinya. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Berbentuk Layanan Streaming?

Lebih lanjut, masih belum diketahui versi apa yang akan dirilis untuk pengujian Winamp tahap beta ini.

Winamp Head of Product development, Jeremy Scheppers, mengatakan kepada BleepingComputer, "Mereka sangat bersemangat untuk merilis kembali aplikasi tersebut."

Tidak banyak informasi yang tersedia saat ini, tetapi proyek baru ini tidak seperti pemutar musik standar. Satu bagian di situs, mengatakan Winamp akan memiliki “ruang unik untuk pembuat konten” yang akan “terhubung erat dengan […] penggemar dan mendapatkan penghasilan yang lebih adil.”

AudioValley, perusahaan induk Shoutcast dan Winamp, mengatakan Winamp baru akan “menjadi platform satu atap untuk penggemar audio, yang menghubungkan kreator dan konsumen musik, podcast, stasiun radio, buku audio, dan konten periferal lainnya.”

3 dari 3 halaman

Sempat Akan Kembali Muncul Pada 2019

Setelah lebih dari dua dekade tak terdengar kabar dan mulai meredup, TechCrunch baru-baru ini melaporkan, Winamp bakal bangkit kembali pada 2019.

"Versi terbaru Winamp yang bakal meluncur pada 2019 akan tampil dengan beragam fitur baru," kata Alexandre Saboundjia, CEO of Radionomy yang dilansir TechCrunch, Selasa (16/10/2018).

Ia menambahkan, "Winamp versi terbaru nanti akan memberikan pengalaman mendengarkan musik terbaik bagi pengguna."

(Ysl/Isk)