Sukses

Spotify Akuisisi Layanan Audiobook Findaway

Dengan akuisisi Findaway, Spotify bakal mendapatkan sumber pendapatan baru dari audiobook

Liputan6.com, Jakarta - Spotify mengakuisisi perusahaan di bidang layanan dan distribusi audiobook, Findaway. Namun, mereka tidak mengungkapkan berapa nilainya.

Dilansir The Verge, ditulis Senin (15/11/2021), dengan akuisisi ini, Spotify akan jadi penjual buku komersial dan penerbit audiobook.

"Dengan akuisisi ini, kami akan dapat mempercepat penambahan katalog audiobook ke platform sehingga pengguna dapat secara efektif mendapatkan semua konten audio yang mereka inginkan dalam satu platform," kata Nic Zicherman, Head of Audiobooks di Spotify.

Findaway sendiri merupakan perusahaan yang mengoperasikan banyak bisnis, termasuk mendistribusikan audiobook atau buku audio, ke berbagai platform serta menawarkan layanan pembuatan audiobook di bawah bisnis mereka, Findaway Voices.

Perusahaan ini juga memasangkan penulis dengan narator, yang bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi Spotify.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalaman yang Lebih Kaya

Zicherman mengatakan, timnya berfokus pada inovasi untuk membuat audiobook menjadi "pengalaman yang lebih kaya," serta "demokratis," di mana lebih banyak orang bisa membuat dan menerbitkan lebih banyak buku audio.

Zicherman juga memuji bagaimana Findaway bekerja dengan para kreatornya.

"Voices saat ini memungkinkan pembuat konten untuk mendistribusikan secara luas," kata Zicherman.

"Dan itu adalah bagian yang sangat penting dari penawaran dan sesuatu yang kami rencanakan untuk pertahankan dan dukung, karena kami pikir itu adalah bagian dari apa yang membuat platform begitu kuat dari sudut pandang kreator," imbuhnya.

Lebih lanjut, aplikasi utama Spotify kemungkinan akan mendapatkan lebih banyak audiobook di awal 2022, ketika kemitraan Open Access tertentu mulai mendistribusikan konten di sana. 

3 dari 4 halaman

Sumber Pendapatan Baru Spotify

Akuisisi ini juga akan memberikan Spotify cara baru untuk menghasilkan pendapatan sembari tetap berada di bisnis audio.

Findaway berbagi royalti penulis, yang berarti, setiap ada pembelian buku yang didistribusikan Findaway di platform, Spotify akan menghasilkan uang.

Bagaimanapun, Spotify tetap harus membayar royalti kepada distributor dan penulis audiobook, serupa dengan cara mereka memperlakukan konten musik.

Mengutip Tech Crunch, Spotify menolak mengungkapkan berapa harga dari kesepakatan tersebut, yang diperkirakan akan ditutup pada kuartal keempat 2021, tergantung pada peninjauan dan persetujan regulasi.

(Dio/Ysl)

 

4 dari 4 halaman

Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.