Sukses

Akun Instagram Kawan Baik Komodo Menghilang, Imbas Posting Kebakaran Pulau Rinca?

Menurut admin @KawanBaikKomodo di Twitter, akun Instagram mereka hilang dua jam setelah mengunggah informasi kebakaran di Pulau Rinca.

Liputan6.com, Jakarta - Akun Instagram milik koalisi masyarakat peduli pariwisata Labuan Bajo, Kawan Baik Komodo @kawabaikkomodo, menghilang sehingga tak bisa diakses.

Menurut admin @KawanBaikKomodo di Twitter, akun Instagram mereka hilang dua jam setelah mengunggah informasi kebakaran di Pulau Rinca yang ada dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, NTT.

"Semalam, 2 jam setelah mengabarkan kebakaran yang terjadi di Pulau Rinca dan konsesi resort yang ada di sana, semua postingan kami hilang dan skrg akun tidak bisa diakses. Belum diketahui alasannya apa," tulis @KawanBaikKomodo di Twitter, dikutip Kamis (4/11/2021).

Dalam utasnya di Twitter, Kawan Baik Komodo membagikan sejumlah foto dan video kebakaran di Pulau Rinca. Kebakaran dilaporkan terjadi sejak Selasa sore (2/11/2021), hingga Rabu pagi, (3/11/2021).

Tak hanya itu, mereka juga membagikan foto-foto para ranger dan warga yang menjadi relawan saat memadamkan kebakaran di Pulau Rinca dengan alat seadanya.

 

Terkait hilangnya akun Instagram, kami telah menghubungi Kawan Baik Komodo, tapi hingga berita ini naik belum ada tanggapan dari mereka. 

Untuk diketahui, akun media sosial Kawan Baik Komodo sebelumnya juga sempat menghilang pada September lalu.

Hal ini terjadi setelah mereka memberitakan kisruh pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan koalisi masyarakat peduli wisata dalam seminar virtual yang membahas proyek premium Pulau Komodo.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Nasib Komodo?

Kebakaran melanda Pulau Rinca yang ada dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, NTT, Selasa (2/11/2021). Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Lukita Awang memastikan, tidak ada komodo yang jadi korban dalam kebakaran tersebut.

"Komodo aman," katanya di Labuan Bajo, Rabu (3/11/2021).

Kebakaran itu sendiri terjadi di sabana Pulau Rinca bagian ujung utara atau barat. Informasi kebakaran tersebut diperoleh Lukita dari petugas internal BTNK pada pukul 15.00 Wita.

Sebanyak 43 personel dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi kebakaran. Dia memastikan api sudah padam pada Rabu siang. Hingga saat ini, pihak BTNK masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Foto Viral

Sebelumnya, pada 2020, sebuah foto komodo 'mengadang' truk proyek viral di media sosial. Foto viral itu menjadi pemantik konsentrasi publik terhadap rencana sebuah proyek di Pulau Rinca, atau yang kini digadang warganet dengan nama proyek "Jurassic Park".

Menjawab foto tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) saat itu mengatakan, apa yang terjadi tidaklah demikian.

"Dapat dijelaskan bahwa kegiatan aktivitas pengangkutan material pembangunan yang menggunakan alat berat dilakukan untuk memperbaiki pelabuhan/dermaga," sanggap KLHK saat itu.

4 dari 4 halaman

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.