Sukses

Bos Instagram Soal Layanan Down: Bukan Begini Kami Memulai Minggu

Bos Instagram Adam Mosseri meminta maaf atas layanan Instagram down. Ia menyebut, Instagram tak bermaksud memulai minggu dengan tumbangnya layanan.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram down sekitar enam jam, sejak Senin (4/10/2021) pukul 23.06 WIB.

Baru esok paginya, Selasa (5/10/2021) layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram kembali online setelah upaya perbaikan.

Bos Instagram Adam Mosseri melalui akunnya @mosseri pun meminta maaf atas Instagram down.

"Memohon maaf atas padamnya (layanan Instagram) hari ini. Bukan dengan cara seperti ini kami ingin memulai minggu. Instagram pelan-pelan mulai kembali online...." demikian tulis Mosseri dalam caption unggahan Instagramnya.

Mosseri juga mengunggah tulisan dengan latar merah muda. "Hello, is this thing on?" demikian tulis unggahan tersebut.

Senada, Co-founder dan CEO Facebook Mark Zuckerberg meminta maaf atas tumbangnya layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp pada Senin malam Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB).

Permintaan maaf tersebut dikeluarkan Mark Zuckerberg dalam unggahan di akun Facebook resminya pada Selasa (5/10/2021) WIB. Dia juga memberitahukan bahwa semua layanan sudah pulih.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permintaan Maaf Zuckerberg

"Facebook, Instagram, WhatsApp dan Messenger semua sudah kembali online sekarang," kata pria yang masuk daftar orang terkaya di dunia ini dalam status terbarunya.

"Maaf atas gangguan hari ini -- Saya tahu betapa bergantungnya Anda dengan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang Anda pedulikan," kata Zuckerberg.

Namun, Zuckerberg tidak mengungkapkan apa penyebab masalah yang terjadi tadi malam dalam pesannya tersebut.

Hingga artikel ini ditulis, unggahan dari suami Priscilla Chan itu sudah mengundang 329 ribu komentar dan 293 ribu kali dibagikan.

3 dari 4 halaman

Layanan Facebook, WhatsApp, Instagram Kembali Online

Layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram yang sempat down kini telah kembali online.

Butuh berjam-jam bagi Facebook untuk memulihkan layanannya yang tumbang berjamaah. Menurut The Verge, Selasa (5/10/2021), Facebook butuh waktu setidaknya 6 jam untuk memperbaiki layanannya Facebook, Instagram, dan WhatsApp down.

Diungkapkan pula oleh The Verge, ini merupakan gangguan terparah yang dialami Facebook, Instagram, dan WhatsApp sejak 2019. Saat itu layanan Facebook down lebih dari 24 jam dan membuat banyak bisnis kecil dan menengah serta kreator yang bergantung pada layanannya terdampak.

Sementara perbaikan butuh waktu agak lama agar bisa menjangkau semua orang. Akibatnya, baru sekitar pukul 05.30 WIB waktu Indonesia, Facebook dan Instagram kembali online.

Sementara itu, Facebook melalui akun Twitter @Facebook mengungkapkan permohonan maaf atas tumbangnya layanan selama berjam-jam.

"Kepada komunitas orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada layanan kami, kami meminta maaf," kata pihak Facebook lewat cuitan.

Mereka melanjutkan, "Kami bekerja sangat keras untuk mengembalikan akses ke aplikasi-aplikasi dan layanan kami. Dan kami dengan bahagia melaporkan layanan dan produk kami kembali online sekarang. Terima kasih masih terus bersama kami."

(Tin/Isk)

 

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Tumbangnya Layanan Facebook Cs

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.