Sukses

Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down, Pengguna Beralih ke Telegram

Di tengah Facebook, Instagram, dan WhatsApp down, Telegram dan Signal justru mendapatkan banyak perhatian dan pengguna baru.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook, Instagram, dan WhatsApp down pada Senin (4/10/2021) malam, sejak sekitar pukul 23.06 WIB. Butuh waktu sekitar enam jam bagi tim engineer Facebook memperbaiki masalah dan membuat Facebook cs kembali online.

Karena layanan tumbang, Facebook, Instagram, dan WhatsApp pun tidak bisa diakses atau berkirim pesan, baik melalui aplikasi atau website.

Di tengah layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp down justru ada aplikasi pesan Telegram yang mendulang banyak pengguna baru.

Mengutip Zee News India, Selasa (5/10/2021), ketika WhatsApp down, pengguna memutuskan untuk beralih ke Telegram dan Signal.

Sebelumnya saat WhatsApp dilanda kontroversi akibat kebijakan privasi barunya, Telegram dan Signal sama-sama mendapatkan banyak pengguna baru.

Begitu juga saat WhatsApp down, popularitas kedua aplikasi pesan ini langsung meroket. Telegram bahkan sempat menjadi trending topic beberapa waktu lalu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Admin Twitter Telegram Sindir WhatsApp cs

Admin Twitter Telegram juga sempat menyindir layanan WhatsApp dan Facebook yang mengalami gangguan. Melalui akun @telegram, Telegram bahkan mengunggah meme yang memperlihatkan salah satu adegan di film Spiderman.

Dalam meme gif tersebut, terlihat seorang pegawai perpustakaan yang diperankan oleh Stan Lee memasang headphone sembari mendata buku.

Ia tampak bekerja dengan tenang, sementara di belakangnya adegan Spiderman tengah dikejar-kejar musuh dan membuat rak dan buku-buku berserakan.

Hal ini layaknya menggambarkan Telegram yang tidak terpengaruh gangguan, meski Facebook, Instagram, dan WhatsApp tumbang dan tidak bisa diakses oleh miliaran pengguna di dunia.

Ada pula cuitan balasan Telegram pada tweet milik seorang warganet. Warganet itu berkomentar di bawah unggahan Twitter @WhatsApp.

"Telegram, apakah kamu single?" cuit warganet tersebut.

Sementara di bawah cuitan ini, admin Twitter Telegram membalas, "Ayo datanglah, server (kami) baik-baik saja dan orang tuaku tidak ada di rumah."

Dalam hal ini, Telegram seperti mengajak para pengguna WhatsApp cs untuk menggunakan layanan Telegram alih-alih tidak bisa WhatsApp-an karena layanan Facebook cs down.

3 dari 4 halaman

Layanan WhatsApp dan Facebook Down

Layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram yang sempat down kini telah kembali online.

Butuh berjam-jam bagi Facebook untuk memulihkan layanannya yang tumbang berjemaah. Menurut The Verge, Selasa (5/10/2021), Facebook butuh waktu setidaknya 6 jam untuk memperbaiki layanannya Facebook, Instagram, dan WhatsApp down.

Diungkapkan pula oleh The Verge, ini merupakan gangguan terparah yang dialami Facebook, Instagram, dan WhatsApp sejak 2019. Saat itu layanan Facebook down lebih dari 24 jam dan membuat banyak bisnis kecil dan menengah serta kreator yang bergantung pada layanannya terdampak.

Sementara perbaikan butuh waktu agak lama agar bisa menjangkau semua orang. Akibatnya, baru sekitar pukul 05.30 WIB waktu Indonesia, Facebook dan Instagram kembali online.

Sementara itu, Facebook melalui akun Twitter @Facebook mengungkapkan permohonan maaf atas tumbangnya layanan selama berjam-jam.

"Kepada komunitas orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada layanan kami, kami meminta maaf," kata pihak Facebook lewat cuitan.

Mereka melanjutkan, "Kami bekerja sangat keras untuk mengembalikan akses ke aplikasi-aplikasi dan layanan kami. Dan kami dengan bahagia melaporkan layanan dan produk kami kembali online sekarang. Terima kasih masih terus bersama kami."

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Facebook Down

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.