Sukses

Clubhouse Hadirkan 3 Fitur Baru, Apa Saja?

Clubhouse baru saja menggulirkan sejumlah fitur baru bagi para pengguna aplikasinya, seperti Clips, Replays, dan Pencarian Universal.

Liputan6.com, Jakarta - Clubhouse baru saja mengumumkan fitur baru untuk para penggunanya. Kali ini, ada tiga fitur yang diperkenalkan, yakni Clips, Replays, dan Pencarian Universal.

"Clubhouse selalu dibangun berdasarkan saran dan masukan yang diberikan oleh komunitas," tulis perusahaan dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (3/10/2021).

"Oleh karena itu, tim Clubhouse terus berusaha untuk menciptakan fitur-fitur baru yang dapat memudahkan Clubhousers di seluruh dunia."

Lebih lanjut dijelaskan, Clips merupakan fitur yang memungkinkan pengguna membagikan cuplikan berdurasi 30 detik dari momen di public room, sehingga pengguna dapat membagikan momen tersebut untuk orang yang tidak berada di aplikasi Clubhouse.

Clips juga akan berisi tautan sebagai akses masuk ke public room yang dibagikan momennya. Jadi, fitur ini dapat meningkatkan audiens dalam ruang percakapan karena mereka bisa mendapatkan akses langsung ke percakapan di dalamnya.

Saat ini, fitur Clips masih berupa versi beta, dan baru bisa dinikmati para kreator dalam jumlah terbatas. Nantinya, Clubhouse akan melihat dan mempelajari lebih dulu bagaimana kreator menggunakan fitur ini dan melakukan beberapa penyesuaian.

Sementara untuk fitur Replays, Clubhouse memungkinkan para kreator merekam sebuah room, menyimpannya ke profil atau mengunduhnya agar dapat membagikan room tersebut ke platform lainnya.

Nantinya, kreator dan moderator dapat pula mengatur kapan fitur ini aktif atau tidak. Sama seperti Clips, Clubhouse akan menguji dan terus mengembangkan fitur ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pencarian Universal

Adapun untuk Universal Search atau Pencarian Universal, Clubhouse memungkinkan pengguna mengetikkan kata kunci atau nama kreator di kolom pencarian untuk melakukan pencarian.

Hasil pencarian nantinya akan ditampilkan, mulai dari room yang relevan (baik yang sedang berlangsung maupun terjadwal), nama kreator, klub, profil. Fitur ini juga akan meningkatkan kemampuan klub serta room mendapatkan audiens yang tepat dan cepat.

Pengguna sudah dapat memanfaatkan fitur ini di iOS dan Android sejak 30 September 2021. Selain itu, fitur audio spasial kini meluncur untuk pengguna Android, setelah sebelumnya hadir di iOS.

3 dari 3 halaman

Clubhouse Kini Punya Wave

Sebelumnya, Clubhouse juga menghadirkan fitur bernama Wave. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengobrol santai dengan teman dan membantu Clubhousers membuat lebih banyak percakapan.

Wave dalam bahasa Indonesia berarti melambaikan tangan. Clubhouse menyebutnya sebagai cara universal untuk terhubung dengan sesama Clubhousers dan memulai percakapan.

Itulah yang mendasari perusahaan menciptakan fitur baru Clubhouse ini.

Dalam keterangan resmi Clubhouse yang diterima Liputan6.com, disebutkan, kini lebih dari 700.000 rooms dibuat setiap harinya di Clubhouse.

Kebanyakan rooms tersebut berisi topik-topik yang ingin diketahui dan disukai oleh Clubhousers. Kehadiran rooms ini layaknya berkumpul bersama untuk merayakan sesuatu.

Tidak sedikit juga rooms berisi sekelompok kecil Clubhousers, mendiskusikan hal-hal personal yang membuat mereka bahagia. Misalnya perayaan ulang tahun, jadwal hangout yang tertunda, menonton film secara virtual, rencana akhir pekan, dan lain-lain.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.