Sukses

6 Tips Jadi Konten Kreator

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan dunia digital telah membuka peluang bagi siapa pun menjadi konten kreator di media sosial, berbekal smartphone.

Tawaran penghasilan yang menggiurkan pun membuat banyak berbondong-bondong ingin jadi konten kreator. Salah satunya melalui media sosial berbasis video pendek SnackVideo.

Untuk kamu yang baru mau memulai, berikut sejumlah tips dan trik dari SnackVideo untuk menjadi konten kreator:

1. Tentukan topik atau tema video sesuai minat

Tentukan satu tema video sesuai dengan minat dan bakat yang menurut kamu menarik untuk dibuat. Misalnya, video tutorial, parodi, tarian dan konten seru lainnya.

Lalu sesuaikan dengan musik latar pilihanmu agar kesempatan video ditemukan oleh audiens yang sesuai semakin besar.

Secara rutin buat dan unggah video dengan topik yang berkaitan atau senada agar konten yang dihasilkan bisa tetap konsisten.

Dengan demikian, kesempatan kamu untuk bisa ditemukan oleh audiens yang memiliki ketertarikan yang sama semakin besar.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Ramaikan tren yang sedang berlangsung

Ada banyak video viral yang bisa menjadi inspirasi untuk mulai membuat sebuah konten. Berbagai musik atau lagu yang tersedia bisa menjadi modal awal untuk berkarya, apalagi jika musik atau lagu tersebut sedang ramai digunakan oleh kreator lain.

Kamu juga dapat mengalihsuara atau men-dubbing video yang sudah tersedia dan mengikuti konsep yang sudah ada, hal ini akan lebih mudah dan cepat bagi kamu untuk segera membuat dan mengunggah video.

Pastikan untuk tidak menjiplak konten milik kreator lain tanpa memberi kredit, usahakan untuk hanya mengambil inspirasi dan tetap membuat konten yang orisinil.

3. Ikut tantangan atau challenge yang banyak beredar

Mengikuti tren challenge merupakan salah satu cara termudah dan tercepat untuk membuat video pendek bagi kreator konten yang baru memulai.

Selain itu, jangan ragu untuk menambahkan hashtag atau tagar pada deskripsi atau caption, karena ini adalah cara ampuh agar video kamu dapat masuk di laman explore, sehingga lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain yang sedang mencari konten serupa.

Pastikan untuk menggunakan tagar yang relevan dengan video yang kamu unggah, agar konten kamu dapat menyasar audiens yang kamu harapkan.

3 dari 5 halaman

4. Rajin berinteraksi dengan kreator lainnya

Tinggalkan komentar, like, dan bagikan video kreator lain yang kamu nikmati ke media sosial lain kamu.

Jangan lupa untuk menandai nama kreator tersebut sebagai bentuk apresiasi kamu. Selain itu kamu juga bisa berkenalan dengan para kreator lainnya melalui fitur Pesan, salah satunya pada aplikasi SnackVideo untuk memperluas jejaring.

Dengan demikian, kehadiran kamu di SnackVideo akan diperhatikan oleh banyak orang sehingga membantu menaikkan interaksi dan cakupan audiens yang bisa menemukan video karya kamu.

 

4 dari 5 halaman

5. Manfaatkan fitur editing di aplikasi video

Ada banyak sekali jenis video kreatif yang bisa dibuat lewat aplikasi berbagi video, salah satunya SnackVideo.

Berbagai fitur editing yang tersedia di SnackVideo sangat praktis dan mudah digunakan, sehingga memudahkan kamu untuk berkreasi dan membuat video semenarik mungkin.

Kamu bisa menambahkan filter warna, menambahkan musik atau merekam suara, menambahkan stiker atau gambar, serta foto tulisan dan efek pada video dalam sentuhan jari.

Selain itu, kamu juga bisa menggambar secara langsung pada video yang ingin kamu unggah dengan beberapa pilihan efek.

Dan yang terpenting, kamu bisa menentukan penggalan-penggalan video yang ingin ditampilkan sesuai dengan alur cerita dari video tersebut. Fitur penyuntingan di SnackVideo dapat ditelusuri dengan mudah sehingga siapa saja dapat menjadi kreator.

6. Bagikan video ke berbagai platform media sosial

Agar semakin meningkatkan popularitas sebagai konten kreator, jangan lupa untuk membagikan video-video yang kamu buat di ke berbagai media sosial yang kamu miliki.

Dengan membagikan video kamu di berbagai media sosial, kamu akan semakin dikenal dan semakin banyak yang mengunjungi bahkan mem-follow.

(Tin/Ysl)

5 dari 5 halaman

Infografis Media Sosial