Sukses

Android Lawas Tak Bisa Akses Google, Gmail, YouTube Dkk Mulai 27 September 2021

Android lawas yang masih menggunakan OS Android 2.3 Gingerbread tidak akan lagi bisa mengakses Gmail, YouTube, dll mulai 27 September 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Mayoritas pengguna Android mungkin berganti smartphone baru setelah memakai perangkatnya selama tiga atau empat tahun. Namun, beberapa orang masih suka menggunakan Android hingga perangkatnya benar-benar mati.

Nah, jika kamu merupakan salah satu pengguna Android lawas, mungkin ini adalah akhir perjalanannya. Ya, hal ini karena Google akan memblokir beberapa aplikasi utama mereka bagi pengguna Android lawas.

Mengutip The Star, Kamis (16/9/2021), aplikasi seperti Gmail, YouTube, Google Maps, dan aplikasi Google lainnya tidak akan bisa dipakai di Android lawas.

Google juga mengkonfirmasi rencana untuk memblokir pengguna agar login dengan akun Google mereka di perangkat Android lawasnya.

Sebelumnya, WhatsApp sudah menyetop dukungan untuk beberapa versi Android lawas.

Adapun Android lawas yang dimaksud adalah Android versi 2.3 (Gingerbread). Sistem operasi ini diperkenalkan pada Desember 2010.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disetop Mulai 27 September 2021

Kini, 11 tahun kemudian, Google akhirnya menghentikan dukungan untuk Android 2.3.

"Penghentian dukungan untuk Android 2.3 sebagai bagian dari upaya kami dalam mengamankan pengguna," kata Google mengenai penghentian dukungan terhadap Android 2.3.

Sekadar mengingatkan, sebelumnya pada Februari 2017, Google menangguhkan pembayaran contactless/ nirsentuh Google Play agar tidak bisa berfungsi pada perangkat apa pun yang menjalankan Android 2.3.

Kini, mulai 27 September 2021, Google mengkonfirmasi rencana untuk memblokir semua pengguna agar tidak masuk dengan akun Google.

Pengguna yang mencoba login ke perangkat Android lawas akan menerima peringatan bahwa nama pengguna dan kata sandi salah, meski sebenarnya sudah memasukkan dengan benar.

3 dari 4 halaman

Pengguna Diminta Update OS atau Ganti Smartphone

Error yang sama juga terjadi jika pengguna mencoba menambahkan Google Calendar atau akun Gmail di menu Pengaturan perangkat.

Selain itu, aplikasi Google populer lainnya yang mengandalkan akun Google seperti YouTube, Google Play Store, Google Maps, Gmail, Google Calendar, dan lain-lain juga akan berhenti berfungsi di Android 2.3 (Gingerbread).

Agar tetap bisa menggunakan aplikasi-aplikasi ini, pengguna harus meng-upgrade OS-nya ke Android 3.0. Jika pengguna belum memperbarui OS, kecil kemungkinan mereka bisa memperbaruinya ke versi Android lebih baru.

Oleh sebab itu, ada baiknya pengguna membeli smartphone Android baru. Opsi lain yang bisa dilakukan adalah membuka YouTube, Gmail, dan lain-lain melalui browser bawaan perangkat.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang WhatsApp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.