Sukses

Instagram Garap Fitur Favorites, Apa Itu?

Fitur baru Instagram ini memungkinkan pengguna untuk menempatkan unggahan dari akun favorit mereka di tempat teratas feed pengguna

Liputan6.com, Jakarta - Instagram dilaporkan sedang menguji coba fitur "Favorites" di mana pengguna bisa "merapikan" feed mereka dengan lebih banyak topik atau teman yang mereka sukai.

Mengutip Gizmodo, Selasa (14/9/2021), uji coba fitur baru Instagram ini pertama kali dibocorkan oleh Alessandro Paluzzi, seorang mobile developer di akun Twitter-nya.

Ia mengatakan dalam pembaruan yang akan datang, pengguna bisa membuat daftar akun Instagram favorit mereka, sehingga akun-akun tersebut akan terlihat di bagian atas feed pengguna.

"Unggahan dari favorit Anda akan terlihat lebih tinggi di feed," tulis Paluzzi.

Instagram juga telah mengonfirmasi uji coba fitur tersebut dalam tangkapan layar yang diklaim dibagikan oleh Paluzzi. Mereka mengatakan tidak akan mengirimkan notifikasi jika pengguna mengubah favoritnya. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih dalam Pengembangan

Meski begitu kepada TechCrunch, Instagram menyatakan fitur tersebut masih belum diuji kepada pihak luar atau eksternal.

"Fitur ini adalah prototipe internal yang masih dalam pengembangan dan tidak diuji secara internal," kata juru bicara Instagram, seraya menolak membagikan spesifikasi lebih lanjut soal itu.

Fitur serupa sebenarnya ada di media sosial saudara Instagram yaitu Facebook, di mana pengguna sedikit lebih banyak mampu mengontrol algoritma News Feed.

Di Facebook, pengguna bisa memilih hingga 30 teman atau Facebook Pages yang unggahannya ditampilkan lebih tinggi di News Feed. Namun, belum jelas batasan seperti apa yang dimiliki fitur Favorites Instagram.

3 dari 4 halaman

Rencana yang Lebih Besar

Fitur Favorites dikabarkan akan menjadi bagian dari rencana Instagram yang lebih besar, untuk memantapkan platformnya sebagai rumah bagi para pembuat konten.

Fitur tersebut juga berguna bagi mereka yang telah rehat sejenak dari Instagram dan lebih suka melihat foto atau video penting dari akun kesukaan mereka, yang mungkin dilewatkan.

Dalam laporannya, Paluzzi juga mengungkapkan Instagram sedang membangun "Fan Subscription." Ini memungkinkan pengguna membayar untuk akses ke lebih banyak konten buatan content creator.

Pelanggan berbayar juga akan mendapatkan badge khusus yang menyorot nama mereka saat berkomentar, mengirim Direct Message, atau melihat Stories kreator.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.