Sukses

Elon Musk: Tesla Sedang Ciptakan Robot Humanoid Berotak AI

CEO Tesla Elon Musk mengungkapkan proyek terbaru mereka yaitu sebuah robot humanoid yang dilengkapi kecerdasan buatan.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder Elon Musk mengatakan bahwa Tesla sedang mengerjakan robot humanoid dan akan membangun prototipe-nya sekitar tahun depan.

CEO Tesla itu mengungkapkan, robot dengan artificial intelligence (AI) itu akan memanfaatkan pengalaman mereka dengan mesin otomatis di pabriknya.

Mengutip CNET, Jumat (20/8/2021), robot bernama Tesla Bot ini juga akan menjalankan kecerdasan buatan yang sama dengan yang digunakan mereka di kendaraan otomatisnya.

"Ini dimaksudkan untuk menjadi ramah," kata Musk sambil bercanda, seraya menambahkan, mereka bertujuan untuk 'menavigasi melalui dunia yang dibangun oleh manusia'.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bentuk Tesla Bot

Dalam presentasinya di Tesla's AI Day, Musk memberikan sedikit gambaran mengenai Tesla Bot. Bentuknya jangkung dan memiliki tinggi lima kaki delapan inci.

Beratnya adalah 125 pon dan terbuat dari "bahan yang ringan." Mereka akan memiliki layar di bagian kepalanya yang berguna untuk menampilkan informasi.

Mereka juga akan dilengkapi kamera autopilot seperti kendaraan Tesla, agar bisa merasakan lingkungan di sekitarnya.

Secara internal, mereka akan beroperasi melalui Full Self-Driving (FSD) Tesla.

Dikutip dari The Verge, Musk belum mengungkapkan apa fungsi dari robot humanoid tersebut. Selain itu, ia juga menampilkan penampilan tarian orang yang berpakaian mirip robot itu.

3 dari 4 halaman

Untuk Mengerjakan Tugas Membosankan

Situs perusahaan itu hanya menyebutkan bahwa mereka akan dirancang untuk menangani "tugas-tugas yang aman, berulang, atau membosankan."

"Intinya, di masa depan, pekerjaan fisik akan menjadi pilihan. Jika Anda ingin melakukannya, Anda bisa, tetapi Anda tidak perlu melakukannya," kata pria yang juga mendirikan SpaceX itu.

Musk, yang kerap mengaku takut dengan risiko ancaman AI, juga mengatakan bahwa Tesla Bot masih bisa "dikalahkan" oleh manusia.

Belum diketahui kapan robot ini akan bisa "melayani" umat manusia, mengingat pengembangannya masih dilakukan, dan prototipe-nya baru dibuat tahun depan.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.