Sukses

Ubisoft Singapura Diterpa Isu Diskriminasi dan Pelecehan Seksual

Ubisoft Singapore tengah diselidiki akibat adanya isu diskriminasi dan pelecehan seksual yang terjadi di studio dalam pembuatan game Assassin's Creed.

Liputan6.com, Jakarta - Ubisoft Singapore tengah diterpa isu pelecehan seksual dan diskriminasi di tempat kerja oleh pengawas praktik ketenagakerjaan Singapura.

Tripartite Alliance for Fair and Progressive Employment Practices (Tafep), mengungkapkan mereka menerima laporan yang berisi tautan ke sebuah artikel tentang tuduhan pelecehan di tempat kerja dan perlakuan tidak adil.

Mengutip The Straits Times, Jumat (20/9/2021), Tafep pun meminta agar siapa pun yang mengetahui tindakan kriminal seperti penyerangan atau pelecehan seksual untuk segera melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian.

Bulan lalu, situs berita video game Kotaku menerbitkan laporan tentang pelecehan seksual dan diskriminasi di Ubisoft Singapura, usai mewawancarai lebih dari 20 karyawan dan mantan karyawan perusahaan asal Prancis itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Ubisoft Singapore

Mengutip The Verge, nara sumber Kotaku menceritakan bahwa karyawan wanita terkadang menjadi sasaran kontak fisik yang tidak diinginkan.

Penyelidikan lanjutan dari pihak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berlarut-larut juga hanya menghasilkan hukuman ringan.

Selain itu, studio yang ikut mengembangkan Assassin's Creed ini juga dituduh melakukan diskriminasi, dengan membuat pekerja lokal tak bisa melewati apa yang mereka sebut "langit-langit Prancis."

Terkait tuduhan ini, Managing Director Ubisoft Singapore Darryl Long pada 6 Agustus lalu hanya mengatakan bahwa sangat penting bagi mereka untuk membicarakan hal-hal semacam ini.

"Kita perlu mulai mengubah cara kita mempersepsikan dan cara kita bertindak secara internal juga," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Isu Diskriminasi

Merespons isu diskriminasi, Ubisoft Singapore juga mengatakan bahwa dari sekitar 500 pekerjanya, 40 persen dari mereka yang mengisi ahli dan pakar senior adalah orang Singapura atau warga tetap.

"Tujuan kami adalah untuk terus meningkatkan kepemimpinan orang Singapura melalui berbagai program, termasuk jalur pembelajaran manajemen khusus demi mempercepat pengembangan pemimpin-pemimpin baru," kata mereka.

Soal tuduhan itu, Ubisoft pusat kepada The Verge mengatakan bahwa mereka sudah menyadari adanya laporan kepada Tafep. Namun, mereka masih belum bisa berkomentar soal penyelidikan saat diskusi masih berlangsung.

"Setiap studio Ubisoft, termasuk Ubisoft Singapore, berusaha untuk menciptakan dan menumbuhkan budaya yang dapat dibanggakan oleh anggota tim dan mitra," ucapnya.

"Kami tidak dan tidak akan mentolerir diskriminasi atau pelecehan. Kami mengedepankan budaya internasional kami dan bekerja demi memastikan tim kami terintegrasi mendalam ke dalam tiap-tiap komunitas lokal," pungkasnya.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: 6 Tips Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.