Sukses

DC Comics Gandeng Perusahaan Pemilik Line, Batman dkk Siap Merambah Webtoon

Kerjasama DC dan Webtoon memungkinkan keduanya menghadirkan cerita eksklusif untuk platform pelopor webcomics tersebut

Liputan6.com, Jakarta - Superhero seperti Batman, Superman, dan Wonder Woman dari DC Comics tampaknya bisa segera hadir di Webtoon, platform webcomic milik perusahaan teknologi Korea Selatan, Naver.

Hal itu setelah kesepakatan yang dicapai antara DC Entertainment milik WarnerMedia bersama dengan perusahaan yang juga memiliki aplikasi chat Line tersebut.

Mengutip Variety, Rabu (18/8/2021), keduanya mengatakan mereka akan menghadirkan webcomics yang berdiri sendiri, sehingga tak membuat penggemar harus membaca komik-komik DC yang sudah ada.

"DC sangat antusias untuk memperkenalkan karakter ikonik kami kepada generasi baru penggemar di seluruh dunia," kata SVP DC Comics dan GM, Daniel Cherry III, dalam sebuah pernyataan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proyek yang Berbeda dari Komik DC Sebelumnya

DC mengatakan, mereka bekerja sama dengan penulis dan seniman Webtoon untuk mengadaptasi karakter dan cerita mereka ke dalam format seluler Webtoon.

"Tujuan bersama kami adalah untuk menciptakan cerita DC yang menyenangkan dan menarik yang akan dinikmati semua pembaca."

Sementara itu, Head of Content Webtoon Entertainment Amerika Serikat, David Lee mengatakan, kolaborasi mereka merupakan tonggak penting di saat mereka bekerja demi era baru komik digital.

Dikutip dari Den of Geek, CEO Webtoon Kim Jun-koo mengatakan bahwa mereka akan memperkuat elemen asli dalam kolaborasi DC dan Webtoon, sehingga proyek itu akan benar-benar berbeda dari sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Siap Kolaborasi dengan Marvel?

Namun, bukan berarti pembaca tidak akan melihat para jagoan DC seperti Batman, The Flash, Aquaman, atau Green Lantern beraksi dalam bentuk yang berbeda.

Sejauh ini, belum ada rincian lebih lanjut mengenai proyek kolaborasi antara DC dan Webtoon. Keduanya akan mengumumkan tentang hal ini dalam beberapa pekan ke depan.

Selain itu, webcomic DC juga akan tersedia pertama kali dalam bahasa Inggris, untuk kemudian diikuti terjemahan bahasa lainnya.

Soal kemungkinan kerjasama dengan rival DC yaitu Marvel Comics, Kim Jun-koo mengatakan bahwa mereka sedang dalam "proses diskusi dengan pemain 'super' lainnya."

Namun saat ini, Webtoon belum mengumumkan kemitraan lainnya di luar kerjasama dengan DC dan juga HYBE, perusahaan induk dari Big Hit Music yang menaungi boyband Korea Selatan BTS.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Jurus Sakti ala Superhero Lawan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.