Sukses

WhatsApp Kembangkan Opsi Transfer Riwayat Chat dari iOS ke Android

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mengembangkan sebuah cara agar pengguna bisa mentransfer riwayat chat dari iOS ke Android.

Menurut WABetaInfo, fitur ini dapat memperbaiki salah satu gangguan terbesar di layanan perpesanan milik Facebook, yakni tidak bisa mentransfer backup pesan antara perangkat iPhone dan Android.

Saat ini, opsi transfer riwayat chat yang dihadirkan WhatsApp hanya untuk dua smartphone yang menjalankan sistem operasi sama.

Mengutip The Verge, Kamis (29/7/2021), detail fitur yang saat ini masih dalam pengembangan muncul di software WhatsApp sejak April lalu.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, terlihat opsi baru "Pindahkan obrolan ke Android" di aplikasi iOS WhatsApp. Screenshot kedua memperlihatkan layar yang meminta pengguna untuk tetap membuka aplikasi WhatsApp ketika transfer berlangsung.

Sejauh ini, sebagian bukti mengarah pada fitur transfer dari iOS ke Android. Namun WABetaInfo sebelumnya melaporkan, kemungkinan transfer dari Android bisa juga dilakukan ke iPhone.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Seperti Switch To Android

Tool transfer baru WhatsApp ini bisa menjadi bagian dari aplikasi iOS "Switch to Android" yang dikembangkan di Google.

Seperti fitur "Move to iOS" yang ditawarkan Apple untuk membantu penggunanya memigrasikan data dari Android ke iOS. Dalam pengembangan Google, "Switch to Android" bisa memudahkan pengguna untuk memigrasikan data dari iOS ke OS Google.

Menurut XDA Developer, kode di aplikasi Google memperlihatkan bahwa fitur ini mungkin terintegrasi dengan tools transfer WhatsApp yang belum dirilis.

3 dari 3 halaman

Belum Diketahui Kapan Kehadirannya

Kabar mengenai fitur migrasi ini muncul karena WhatsApp tengah menguji dukungan multi-perangkat beta. Multi-perangkat memungkinkan pengguna mengakses percakapan WhatsApp mereka di beberapa perangkat tanpa perlu merutekan melalui sebuah telepon.

Selain mentransfer riwayar obrolan antar platform, WABetaInfo juga menyebut, WhatsApp mengembangkan cara untuk mentransfernya di antara nomor telepon berbeda.

Sayangnya saat ini belum jelas kapan salah satu fitur ini bakal tersedia secara luas untuk pengguna.

(Tin/Isk)