Sukses

Rekomendasi 3 Aplikasi Berbagi File Selain SHAREit

Tiga aplikasi alternatif SHAREit ini berguna ketika kamu ingin megirim file berukuran besar dengan waktu yang cukup singkat.

Liputan6.com, Jakarta - Mengirim file ke perangkat lain biasanya menggunakan Bluetooth atau dengan koneksi internet. Namun, jika menggunakan Bluetooth waktu yang dibutuhkan cukup lama, sedangkan dengan koneksi internet, kuota terkuras cukup besar.

Aplikasi berbagi file yang populer digunakan salah satunya adalah SHAREit. Belakangan beberapa orang mengeluhkan karena performa SHAREit yang dipandang menurun.

Selain itu, pada smartphone Xiaomi, misalnya, telah dilengkapi dengan aplikasi berbagi file bawaan yakni ShareMi, yang bisa digunakan ke sesama perangkat Xiaomi.

Kendati demikian, ada berbagai aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk berbagi file ukuran besar. Berikut ini Tekno Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Zapya

Aplikasi pertama yakni Zapya. Sekilas tampilannya mirip dengan SHAREit.

Keunggulan aplikasi ini adalah tidak ada batasan file yang bisa dikirim. Selain itu, perangkat apapun yang menginstal Zapya bisa mengirim dan juga menerima file.

Misalnya, kamu ingin mengirimkan file besar dari laptop ke smartphone atau tablet tanpa kabel. Aplikasi ini juga mendukung transfer file dari perangkat Android ke iOS dan sebaliknya.

Selain itu, pengguna juga bisa mengirim file secara online menggunakan Zapya, cukup mengetikkan Zapya Transfer pada kolom omnibox di browser. Kemudian, pengguna bisa mulai mengirimkan berbagai macam file tanpa batasan.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di Play Store, dan mendapatkan rating 4,4 dari total 754 ribu ulasan.

3 dari 4 halaman

Xender

Selanjutnya aplikasi yang juga cukup populer jika disandingkan dengan Zapya maupun SHAREit. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Xender juga memanfaatkan koneksi WiFi meski tanpa data yang digunakan.

Aplikasi ini mengklaim mampu mengirim file 200 kali lebih cepat dari koneksi Bluetooth. Xender juga tidak membatasi format file yang bisa dikirim menggunakan layanannya.

Kemudian, ada beberapa tambahan fitur baru, yakni alat untuk konversi dari video ke audio dan social media downloader untuk mengunduh video dari WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna Android dari Google Play Store. Dengan rating 4,5 dari 3 juta ulasan pengguna.

4 dari 4 halaman

Send Anywhere

Aplikasi selanjutnya memiliki tampilan yang lebih sederhana dari kedua aplikasi di atas. Send Anywhere menawarkan cara berbeda dari kedua aplikasi sebelumnya.

Jika Xender dan Zapya memerlukan login akun pengguna, Send Anywhere memanfaatkan enam digit kode yang perlu dimasukkan di kedua perangkat yang melakukan transfer file.

Salah satu fitur unggulannya adalah kemampuan untuk mengirim file ke banyak penerima sekaligus dengan menggunakan link yang dibuat. Selain itu, ada kemampuan untuk memperkuat file dengan enkripsi agar lebih aman.

Ini juga memungkinkan pengguna untuk berkirim file dari smartphone ke PC atau sebaliknya.

Send Anywhere telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di Play Store. Mendapatkan rating 4,8 dari 270 ulasan pengguna.

Setelah melihat ketiga rekomendasi aplikasi tersebut, mana yang mau kamu coba lebih dulu?

(Rif/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.