Sukses

Review Galaxy Tab A7 Lite: Tablet Murah di Kantong, Cocok Dipakai untuk PJJ

Berikut ini adalah review Galaxy Tab A7 Lite yang menyambangi meja redaksi Tekno Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru-baru ini mengumumkan seri terbaru untuk keluarga tablet mereka, Galaxy Tab A7 Lite, untuk pengguna mereka di Tanah Air.

Karena ada label "Lite," maka dapat dipastikan tablet baru milik Samsung ini dibanderol dengan harga yang terbilang cukup murah, yakni Rp 2.499.000.

Samsung sendiri menyebutkan, Galaxy Tab A7 Lite hadir untuk mendukung beragam kebutuhan keluarga, khususnya anak-anak untuk dapat hiburan dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama PPKM Darurat Jawa Bali saat ini.

Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah review Galaxy Tab A7 Lite yang menyambangi meja redaksi Tekno Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Desain

Paket penjualan Galaxy Tab A7 Lite. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Walau dijual dengan harga lebih terjangkau dari seri tablet Samsung lainnya, Galaxy Tab A7 Lite tampil desain yang menarik--sepintas terlihat layaknya tablet premium.

Terbuat dari bodi berbahan aluminium, Galaxy Tab A7 Lite terbilang sangat ringan saat dibawa-bawa dan bisa dipegang dengan satu tangan berlama-lama dengan cukup nyaman.

Slot microSD dan kartu SIM terletak di sisi kiri bodi Galaxy Tab A7 Lite. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Toh, tablet ini hanya berukuran 21.25 x 12.47 x 0.8 cm dan hanya memiliki bobot 0.36 Kg. Cukup ringan bukan?

Di sisi kanan tablet kamu dapat menemukan sebuah tombol power dan volume, sedangkan sisi kiri bodi tablet terdapat slot kartu SIM dan microSD.

Tombol power dan volume di sisi kanan bodi Galaxy Tab A7 Lite. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Kamu akan menemukan ada port USB-C, disertai dengan audio jack 3,5mm, dan speaker Dolby Atmos di bagian bawah tablet. Untuk sebuah tablet dengan harga di bawah Rp 3 juta, suara yang dihasilkan Galaxy Tab A7 Lite ini cukup keras.

Sepanjang me-review Galaxy Tab A7 Lite ini, kami mendapati suara yang dihasilkan dari tablet saat menonton video di YouTube, Disney Plus Hotstar, Netflix, dan mendengarkan musik via Spotify terasa memuaskan.

Port USB-C, speaker, dan audio jack 3,5mm. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Selain menikmati konten hiburan, kualitas suara yang dihasilkan juga sangat mendukung jikalau anak atau saudara kamu yang masih kecil memakai tablet ini saat sekolah online.

 

3 dari 5 halaman

Layar

Nonton Netflix dkk di Galaxy Tab A7 Lite. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Soal layar, Galaxy Tab A7 Lite tampil dengan panel TFT berukuran 8,7 inci (resolusi 1340x800 piksel).

Walau dijual dengan harga terjangkau, tampilan gambar di layar seri tablet baru milik Samsung ini mampu menghadirkan warna yang detail untuk di kelasnya.

Tablet ini juga sudah didukung dengan kamera selfie di atas layar berkemampuan 2MP--cukup untuk video call, dan kamera utama beresolusi 8MP.

Hasil potret menggunakan kamera belakang Galaxy Tab A7 Lite. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Kemampuan kamera belakang di tablet ini memang terbilang cukup standar. Namun, jika diambil dalam kondisi cahaya yang cukup, hasil foto pun terlihat detail.

Sedangkan untuk kamera selfie sudah memenuhi kriteria bilamana dipakai saat video call dengan berbagai aplikasi.

4 dari 5 halaman

Performa, One UI, dan Baterai

Main gim Mobile Legends di Galaxy Tab A7 Lite. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Samsug menyematkan prosesor MediaTek Helio P22T (MT8768T) di Galaxy Tab A7 Lite, dan dua opsi RAM dan memori yang masing-masing 3GB+32GB dan 4GB+64GB. Sedangkan yang kami review adalah tablet dengan RAM dan memori 3GB dan 32GB.

Bicara tentang performa, tablet ini memang terbilang tidak terlalu wah. Selama penggunaan, kami mendapati beberapa kali saat sedang melakukan multitasking Galaxy Tab A7 Lite ini terasa sedikit lambat.

Namun, saat dipakai untuk browsing dan menonton konten video tablet, terasa sangat lancar. Main gim pun di Galaxy Tab A7 Lite ini dapat dilakukan tanpa halangan.

Gim-gim seperti Mobile Legends dapat dimainkan di tablet ini, sedangkan untuk main PUBG Mobile kamu harus rela bermain dipengaturan grafis paling rendah.

Galaxy Tab A7 Lite beroperasi dengan Android 11 dan One UI Core 3.1, dan didukung oleh baterai berkapasitas 5100mAh dengan kemampuan fast charging 15W.

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Galaxy Tab A7 Lite. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Secara keseluruhan performa Galaxy Tab A7 Lite ini sepadan dengan banderol harga yang ditawarkan.

Apalagi dengan diterapkannya PPKM Darurat Jawa Bali dan pembelajaran jarak jauh selama pandemi, kebutuhan perangkat seperti tablet pastinya akan meningkat cukup tajam.

Tentunya, beragam tablet yang ada di pasaran banyak yang memiliki performa dan harga yang lebih tinggi ketimbang dari tablet baru milik Samsung ini.

Bila ingin mencari tablet dengan performa tinggi, mungkin lebih baik untuk membeli seri tablet milik Samsung yang kelasnya di atas Galaxy Tab A7 Lite.

Bila kamu memiliki anak, keponakan, atau saudara yang masih bersekolah dan membutuhkan perangkat untuk belajar online selama pandemi, maka Galaxy Tab A7 Lite ini dapat menjadi pilihan.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.