Sukses

Deretan Fitur Mumpuni di Xiaomi Mi 11 Ultra, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi telah resmi menghadirkan Mi 11 Ultra sebagai varian paling tinggi dari lini Mi 11 yang ada di Indonesia. Smartphone ini meluncur dengan harga Rp 16.999.000 untuk pasar Tanah Air.

Mi 11 Ultra sendiri disebut sebagai puncak inovasi Xiaomi. "Produk ini mencakup visi Xiaomi untuk menantang batasan dan melakukan terobosan," tutur Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse saat peluncuran smartphone ini.

Oleh sebab itu, Alvin mengatakan Mi 11 Ultra hadir dengan deretan fitur mumpuni dan paling inovatif yang pernah dihadirkan Xiaomi. Salah satunya adalah dari sisi kamera.

Mi 11 Ultra disebut sebagai perangkat pertama Xiaomi yang membawa spesifikasi kamera pro-grade dengan sensor terbesar yang ada di smartphone. Smartphone ini menggunakan sensor ISOCELL GN2 dengan ukuran 1/1.12 inci.

Hadir dengan resolusi 50MP, menurut DxOMark, sensor kamera itu mendekat sensor 1 inci tradisional yang ada di kamera Sony RX. Berbekal spesifikasi itu, Mi 11 Ultra pun disebut memiliki kamera terbaik berdasrkan DxOMark.

Secara keseluruhan, kamera smartphone ini mencatat skor sebesar 143 poin. Nilai ini lebih tinggi dari keseluruhan Huawei Mate 40 Pro Plus yang mendapat skor 139.

Sementara dalam pengujian zoom, Mi 11 Ultra mendapatkan skor 100 poin. Skor itu secara signifikan lebih tinggi dari iPhone 12 Pro Max dengan 68 poin dan 76 poin di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Mi 11 Ultra juga mampu merekam video 8K dari ketiga sensor kameranya, termasuk lensa tele. Kemampuan videografi ini turut ditunjang fitur lain, seperti dual phone recording, audio zoom, serta end-to-end HDR10+.

 

2 dari 3 halaman

Kemampuan IP68

Tidak hanya kamera, fitur lain yang juga membuat Mi 11 Ultra menarik adalah sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan debu. Ini merupakan salah satu kemampuan yang banyak diminta pengguna dan akhirnya diwujudkan Mi 11 Ultra.

Sementara untuk bodi perangkat, Xiaomi menggunakan desain keramik premium dalam balutan warna hitam dan putih. Dengan desain ini, tampilan Mi 11 Ultra secara keseluruhan terasa mewah dan elegan.

Xiaomi juga menyertakan sebuah layar OLED berukuran 1,1 inci yang diletakkan di sebelah kamera belakang. Layar ini mampu mendukung beberapa fungsi, seperti memberitahukan notifikasi saat ada panggilan masuk, masa pakai baterai, hingga informasi waktu.

Selain itu, layar ini juga dapat digunakan sebagai semacam viewfinder saat melakukan selfie dengan kamera belakang.

3 dari 3 halaman

Baterai Mi 11 Ultra

Kemampuan Mi 11 Ultra ditunjang dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Baterai yang digunakan di smartphone ini berbahan anode nano-silikon yang disebut juga digunakan di mobil elektrik.

Kapasitas baterai yang besar didukung pula dengan kemampuan pengisian daya 67W, baik dengan kabel maupun nirkabel. Dengan dukungan fitur itu, baterai Mi 11 Ultra dapat terisi penuh hanya dalam waktu 36 menit.

Mi 11 Ultra juga mendukung kemampuan reverse wireless charging 10W. Xiaomi juga membenamkan three-phase cooling technology untuk mengurangi panas berlebih.

Xiaomi mengatakan ketersediaan Mi 11 Ultra memang agak terbatas di Indonesia, mengingat pasokan chip yang terbatas selama pandemi. Namun Alvin mengatakan pihaknya akan berusaha untuk memenuhi permintaan pasar Tanah Air.

Dengan kondisi itu pula, Xiaomi akan menawarkan Mi 11 Ultra untuk Mi Fans yang terpilih lebih dulu mulai dari 16 hingga 30 Juni 2021. Jadi, mereka akan mendapatkan undangan dan kode voucher untuk bisa membeli di Mi.com atau Authorized Mi Store.

Lalu jika nantinya masih ada unit yang tersisa, Alvin mengatakan, pihaknya akan melakukan penjualan Mi 11 Ultra secara terbuka pada 1 Juli 2021.

(Dam/Isk)