Sukses

Blaston Mundur dari Uji Coba Iklan VR Facebook

Pengembang game mengambil langkah itu setelah mempertimbangkan feedback pemain.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya Facebook untuk membawa iklan ke aplikasi Oculus Quest tampaknya tidak mendapat sambutan yang baik.

Pasalnya, salah satu game yang direncanakan ikut dalam uji coba iklan dalam Virtual Reality (iklan VR) itu menyatakan mundur.

Adalah game Blaston besutan Resolution Games yang mengumumkan mundur dari rencana Facebook melalui akun resmi Twitter-nya.

Selang beberapa hari dari pengumuman rencana Facebook, Blaston mengatakan telah menimbang feedback (masukan) para pemain game-nya.

“Setelah mendengarkan umpan balik pemain, kami menyadari bahwa Blaston bukan yang paling cocok untuk jenis tes iklan ini,” cuit Blaston, seperti dikutip dari Tech Crunch, Rabu (23/6/2021).

Oleh sebab itu, Blaston tak lagi berencana untuk melaksanakan uji coba tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rencana Facebook Tampilkan Iklan

Sebelumnya, Facebook akan melakukan uji coba untuk memunculkan iklan di sistem virtual reality (VR) Oculus Quest milik perusahaan.

Mengutip The Verge, Jumat (18/6/2021), Facebook akan memulai proses uji coba iklan ini dalam kurun waktu beberapa minggu mendatang.

Saat dalam tahap uji coba, iklan tersebut akan muncul di dalam game berjudul Blaston besutan Resolution Games, dan dua game yang tidak disebutkan namanya.

Facebook berencana akan memperluas sistem iklan di Oculus Quest berdasarkan feedback dari pengguna, dan lebih lanjut menciptakan "platform mandiri" untuk pengembangan VR.

Informasi, Facebook telah lebih dahulu memperkenalkan iklan di aplikasi mobile Oculus bulan lalu, dan menggunakan data tersebut untuk menargetkan iklan Facebook sejak 2019.

“Begitu kami mengetahui hasil pengujian ini dan feedback dari pengembang dan komunitas, baru bisa kami ungkap kapan iklan tersedia di seluruh platform Oculus dan di aplikasi mobile Oculus,” kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog.

 

3 dari 3 halaman

Alternatif Iklan

Sementara itu, menyusul pernyataan mundur dari rencana uji coba, Resolution Games memberikan pernyataan tambahan kepada Tech Crunch mengenai alternatif pengujian iklan.

“Untuk memperjelas, kami menyadari bahwa Blaston bukan yang paling cocok untuk jenis tes periklanan ini. Sebagai alternatif, kami mencari untuk melihat apakah layak untuk memindahkan tes kecil sementara ini ke game gratis kami,”

Langkah Resolution Games yang mengabaikan tes bahkan sebelum dimulai tampaknya suatu kemunduran awal untuk upaya periklanan VR Facebook.

Itu secara tidak langsung menunjukkan sikap skeptis pengembang terhadap Facebook.

Blaston adalah game VR yang rilis pada Oktober 2020 yang tersedia di platform Oculus Quest milik Facebook dan Windows.

(Rif/Isk) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini