Sukses

Kemkominfo Gandeng Pemkot Makassar Cetak 10 Ribu Talenta Digital

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menargetkan 10 ribu masyarakat Makassar dan sekitarnya menjadi talenta digital.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kemkominfo, Hary Budiarto, mengatakan bersama Pemkot Makassar pihaknya akan memberikan pelatihan bidang teknologi informasi dan komunikasi serta kewirausahaan digital melalui Program Digital Talent Scholarship (DTS) 2021.

"Kami targetkan untuk melatih masyarakat menjadi talenta digital. Program untuk bulan Juni sampai Desember 2021 dengan target 50 ribu talenta digital untuk lima kota. Salah satunya adalah Makassar dan sekitarnya," kata Hary melalui keterangannya, Senin (21/6/2021).

Hary menuturkan penyelenggaraan pelatihan telah didukung oleh pemerintah daerah. Menurutnya, pemerintah ingin memberdayakan pelaku UMKM tidak hanya dalam skala lokal atau nasional, tetapi internasional.

"Ada komitmen pemerintah daerah provinsi dan pemerintah kota untuk memberdayakan UMKM tidak hanya dalam skala lokal, tapi internasional. Kenapa 10 ribu talenta digital di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, karena selain pelatihan SDM itu juga pencanangan dari Walikota Makassar untuk mencetak 10 ribu wirausaha digital," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciptakan Ekosistem Seimbang

Program DTS dirancang untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran pentahelix.

"Pemerintah baik pusat atau daerah, komunitas/masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha, dan media--semua berkolaborasi dan pemerintah menjadi fasilitator serta akselerator pendukung ekonomi digital," ucap Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo.

Menurut Hary, Pemerintah Kota Makassar juga menargetkan pelaku UMKM untuk memasuki dunia digital.

"Dari Pemkot Makassar juga ada program untuk mendorong pelaku UMKM menggunakan platform digital. Jadi kami akan kolaborasi untuk menjadi bagian dalam mencetak wirausaha digital," ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Kolaborasi untuk Bangkitkan Potensi UMKM

Sebelum mengikuti TalenTalks, Kabalitbang SDM Kemkominfo menyaksikan persiapan acara pelatihan kewirausahaan di salah satu pusat belanja Makassar.

Menurutnya, kolaborasi antara pengusaha, penyedia platform marketplace dukungan pemerintah bisa optimal untuk membangkitkan potensi ekonomi UMKM.

(Isk/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini