Sukses

Adobe Luncurkan Lightroom Classic dkk Versi Mac M1, Performa Naik 80 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Adobe telah merilis versi baru sejumlah aplikasi di bundle Creative Cloud sehingga dapat beroperasi lebih stabil di perangkat berbasis chipset M1 buatan Apple.

Adapun aplikasi yang mendapatkan pembaruan versi, termasuk Lightroom Classic, Illustrator, dan InDesign yang di desain untuk beroperasi dengan stabil dengan chipset M1.

Adobe sudah merilis Photoshop versi M1 pada bulan Maret, sementara update untuk Lightroom akan dirilis pada Desember 2021.

Performa ketiga versi baru software ini akan lebih meningkat 80 persen dibandingkan dengan perangkat Mac berbasis chipset Intel, klaim Adobe yang dikutip The Verge, Jumat (11/6/2021).

 

2 dari 3 halaman

Perbandingan M1 dan Intel

Berdasarkan hasil laporan perbandingan dari pihak ketiga yang ditugaskan oleh Adobe, terungkap fakta menarik soal performa Lightroom Classic.

Saat uji coba membuka, import, dan export file di MacBook M1, ternyata performanya dua kali lebih cepat ketimbang di perangkat Mac berbasis Intel.

Disebutkan, benchmark ini dilakukan pada laptop MacBook Pro 13 inci, satu dengan prosesor M1 dan lainnya pakai Intel Core i5.

Soal spesifikasi hardware pendukung, kedua laptop memiliki RAM 16GB dan terhubung ke Apple Pro Display XDR.

3 dari 3 halaman

Update Lightroom Lainnya

Selain meningkatkan performa, Adobe juga memperkenalkan sejumlah kemampuan baru lewat pembaruan Lightroom mendatang.

Disebutkan, kini pengguna dapat menentukan rasio aspek khusus saat cropping dan satu set preset premium yng dibuat oleh fotografer pro.

Adapun koleksinya mencakup opsi style, seperti "sinematik" dan "futuristik", serta preset potret untuk berbagai warna kulit. Mereka akan tersedia di Lightroom dan Lightroom Classic di semua platform.