Sukses

Klik Siap Bantu Pelaku UMKM Berjualan Online

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 harus diakui berimbas pada menurunnya omzet sejumlah pelaku usaha, terutama di tingkat UMKM. Hal ini terjadi mengingat adanya pembatasan mobilitas termasuk pengurangan jam operasional tempat usaha.

Akibatnya, sebagian UMKM terpaksa gulung tikar akibat tidak mampu menanggung beban biaya produksi dan operasional perusahaan. Namun ada pula pelaku UMKM yang memilih beralih berbisnis secara online.

Dengan adanya perubahan itu, Klik sebagai startup pengembangan bisnis hadir untuk membantu para pelaku UMKM mulai beralih berjualan online.

Dalam hal ini, Klik membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan kanal penjualan online sendiri, tanpa bergantung ke platform besar.

Menurut Co-Founder Klik, Francis Anugerah, dengan membuat platform online mandiri, para pelaku UMKM dapat berjualan secara langsung pada konsumen tanpa membayar biaya komisi pada marketplace.

“Seiring dengan crowded-nya marketplace seperti Tokopedia dan Shopee, UMKM kedepannya harus mengembangkan channel usaha online mandiri tanpa bergantung ke platform besar," tutur Francis dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (9/6/2021).

2 dari 3 halaman

Program Klik untuk Pelaku UMKM

Francis pun mengatakan Klik siap membantu pelaku bisnis membuat situs web toko online-nya secara mudah dan tanpa biaya komisi. 

Untuk periode 1 Juni hingga 31 Oktober 2021, Klik menawarkan seluruh varian toko online secara gratis untuk setahun pertama.

Nantinya, para pelaku bisnis dapat membuat situs web untuk berjualan di mana saja dan kapan saja, termasuk di media sosial, seperti Instagram.

“Saat ini Klik sudah membantu lebih dari 3.000 UMKM di Indonesia membangun dan mengembangkan bisnis online mereka,” tutur Co-Founder Klik, William Lunt.

Salah satu pengguna Klik, Pomade Store Cirebon mengaku dengan memiliki situs web sendiri ternyata sangat berpengaruh pada penjualan mereka di media sosial.

3 dari 3 halaman

Pengalaman Pengguna Layanan Klik

Menurut Pomade Store Cirebon, adanya situs web membuat usaha mereka terlihat lebih profesional, sekaligus meningkatkan kepercayaan followers.

"Klik juga mempermudah penjual dan pembeli karena bisa order langsung di media sosial, lengkap dengan fitur check-out pembayaran dan logistic. Kami juga pakai website Klik untuk gabung di Instagram Shopping," tutur Pomade Store Cirebon.

(Dam/Ysl)