Sukses

Pancasila dan Indonesia Tangguh Jadi Trending Topic di Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Di Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, keyword Pancasila dan Indonesia Tangguh menjadi trending topic di Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (1/6/2021), ada lebih dari 35 ribu ciutan terkait keyword Pancasila dan lebih dari 2.800 cuitan untuk Indonesia Tagguh.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah sekian banyak dari pejabat negara yang turut memperingati Hari Lahir Pancasila dan memaknai Pancasila sebagai semangat persatuan dan gotong royong.

"Bangsa yang besar ini telah melayari pelbagai zaman dengan berpedoman kepada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila," tulis @jokowi di akun Twitter pribadinya.

"Berpegangan pada nilai-nilai itu pula, dengan persatuan dan gotong royong, kita akan kembali melewati masa-masa sulit ini, dan keluar sebagai pemenangnya," sambung Jokowi.

2 dari 3 halaman

Selamat Hari Lahir Pancasila Bergema di Twitter

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

Sama seperti tahun lalu, peringatan Hari Lahir Pancasila pada tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Pun demikian, masyarakat Indonesia tepat gegap gempita menyambut Hari Lahir Pancasila sebagai pilar ideologi negara.

Pantauan Tekno Liputan6.com di Twitter, Selasa (1/6/2021), banyak warganet hingga tokoh politik dan selebritas serta lembaga negara menyambut Hari Lahir Pancasila dengan penuh semangat.

Mereka menilai Pancasila adalah falsafah hidup berbangsa dan bernegara, serta suatu perwujudan dari keberagaman.

3 dari 3 halaman

Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila 2021, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengusung tema "Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh".

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, peringatan hari bersejarah ini dilakukan secara virtual kombinasi, di mana upacara tetap dilaksanakan di Istana Bogor.

Upacara peringatan dihadiri secara online oleh pimpinan tinggi negara, lembaga negara, kementerian, perwakilan RI luar neegri, para tokoh, dan pemerintah provinsi sampai kabupaten/kota.

Sementara seluruh warga negara Indonesia juga bisa mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila melalui live streaming atau siaran langsung.