Sukses

Indosat Ooredoo Prediksi Trafik Komunikasi Melonjak 30 Persen pada Lebaran 2021

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo memprediksi akan terjadi kenaikan trafik komunikasi di H-1 dan Lebaran.

Diungkap oleh SVP Head of Network Operation Indosat Ooredoo Agus Sulistio, trafik jaringan saat Lebaran 2021 akan melonjak antara 13-15 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Sementara, dibandingkan dengan periode tahun lalu, kenaikan trafik pada Lebaran 2021 ini diperkirakan mencapai 25-30 persen.

"Kami melakukan drive test secara menyeluruh untuk memastikan dari sisi jaringan tidak ada hambatan," kata Agus dalam acara Silaturahmi Indosat Ooredoo bersama wartawan, Senin (10/5/2021) sore.

Agus mengungkap, Indosat Ooredoo mengidentifikasi ada 185 hotspot yang direpresentasikan dalam 1.552 site di seluruh Indonesia yang telah dipersiapkan jaringannya.

Sejauh ini, menurutnya, tim network menyiapkan kapasitas data sebesar 66 persen untuk menangani lonjakan trafik internet karena silaturahmi online.

2 dari 3 halaman

Kapasitas Layanan Voice dan SMS

Sementara, untuk layanan panggilan suara, Indosat Ooredoo memiliki kapasitas lebih dari 95 persen, dan kapasitas SMS tersedia lebih dari 75 persen.

"Kami memiliki kapasitas yang cukup untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama libur Lebaran, untuk data baru terpakai 44 persen, voice 5 persen, dan SMS 26 persen," katanya.

Indosat Ooredoo juga akan terus memantau jaringannya melalui Command Center. Pemantauan dilakukan dengan mempersiapkan lebih dari 1.500 engineers di lapangan.

"Jaringan juga dimonitor melalui Command Center, baik itu infrastruktur, layanan, dan IT selama 24 jam dengan digital operator yang diterapkan di 2021. Pemantauan dilakukan sejak H-5 hingga H+3 Lebaran guna memastikan kesiapan jaringan," kata Agus.

3 dari 3 halaman

Jaringan Berkualitas Video

Kondisi Ramadhan dan Idul Fitri digital membuat operator seluler Indosat Ooredoo menambah kapasitas jaringan 4G miliknya menjadi berkualitas video (video-grade network).

Dengan menambah kapasitas jaringan 4G, Indosat Ooredoo ingin memudahkan masyarakat untuk bersilaturahmi virtual dengan keluarga, teman, dan kolega tanpa perlu ke luar rumah.

Indosat Ooredoo sendiri terus mengembangkan kualitas dan kapasitas jaringan di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah untuk melayani kebutuhan telekomunikasi pelanggan yang sebagian besar masih bekerja dan bersekolah di rumah, terutama jelang Lebaran.

Data Indosat Ooredoo menyebut, dalam satu tahun terakhir, trafik data tercatat naik sekitar 50 persen di kuartal pertama 2021 dibandingkan perode yang sama tahun lalu. Kecepatan unduh dengan internet Indosat Ooredoo diklaim mengalami peningkatan hampir 50 persen.

Berbekal pengalaman Ramadhan dan Lebaran tahun lalu, Indosat Ooredoo melakukan penanganan khusus terhadap area-area dengan peningkatan trafik tertinggi selama Lebaran, seperti Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung.

Hal ini dilakukan dengan dukungan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence dan otomatisasi yang dicanangkan sejak tahun lalu.

(Tin/Isk)