Sukses

Twitter Hadirkan Sejumlah Kampanye Ramaikan Ramadhan Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Twitter kembali mengungkap keseruan dan keramaian warganet selama Ramadhan tahun ini. Di akhir minggu ketiga Ramadhan, banyak warganet berbagi dan mencari informasi hiburan, kuliner, dan mudik di Twitter.

Banyak dari warganet mencari konten-konten inspiratif serta berpartipasi dalam berbagai kegiatan untuk mengisi waktu selama Ramadhan. Sebagai bagian dari aktivitas warganet itu, Twitter juga menghadirkan kampanye di platformnya pada Ramadhan kali ini.

Kampanye Twitter di Ramadhan kali ini terdiri dari beberapa tagar, seperti #SiklusKebaikan, #NgabuburitDiSpaces, dan #TweetYour Magic. Kampanye ini hadir untuk menemai para pengguna menjalankan ibadah puasa tahun ini.

Dalam kampanye #TweetYourMagic, Twitter bekerja sama dengan sejumlah merek, seperti Aqua, IM3 Ooredoo, dan Lazada. Tagar ini terinspirasi dari fenomena 'Twitter please do your magic' yang kerap menjadi viral.

"Banyak hal baik terjadi di Twitter, di mana pengguna saling menebar kebaikan dan membantu satu sama lain. Kami berkolaborasi dengan tiga brand terdepan untuk membuat Ramadhan kali ini lebih hangat dan berarti di tengah situasi yang menantang," tutur Country Industry Head Twitter Indonesia, Dwi Adriansah dalam keterangan resmi, Sabtu (87/5/2021).

Dengan berbagi cerita positif lewat tagar #TweetYourMagic dan mention salah satu brand yang berpartisipasi, tweet pengguna dapat muncul di digital billboard mulai minggu ini hingga menuju Hari Raya Idul Fitri.

Twitter juga bekerja sama dengan ilustrator Indonesia untuk menginterpretasikan konten dengan tagar dan kicauan terpilih akan dibuat menjadi ilustrasi.

2 dari 3 halaman

Kampanye Twitter Lain di Ramadhan 2021

Sementara dengan tagar #SiklusKebaikan, Twitter mengajak pengguna untuk menginspirasi pengguna lain dengan melanjutkan kebaikan yang mereka terima ke orang terdekat.

Kampanye ini mengajak pengguna melakukan perbuatan baik dari setiap berkah yang mereka terima.

Selain itu, dengan semakin banyak orang yang memiliki akses menjadi host di Spaces, semakin banyak pula kreator yang memanfaatkan fitur ini untuk terhubung dengan audiens mereka.

Beberapa kreator yang ikut meramaikan kampanye #NgabuburitDiSpaces adalah @CenayangFilm, @ParadigmaFilm, @torantula, @OddieOctaviadi, @AdioetomoAdrian, @DamarJuniarto, @febrofirdaus, dan @sasmitomadrim.

3 dari 3 halaman

Twitter Uji Coba Fitur Tip Jar, Bisa Kirim Uang ke Akun Favorit

Di sisi lain, Twitter menggulirkan uji coba fitur Tip Jar pada aplikasinya yang ada di Android dan iOS. Menurut kabar, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan uang secara langsung ke akun-akun favorit mereka.

Untuk menggunakan Tip Jar, pengguna bisa mengetuk ikon dollar yang ada di samping username seseorang saat kita melihat profil mereka (di Android atau iOS).

Pengguna pun nantinya bisa mengaktifkan fitur Tip Jar, ini berguna bagi organisasi atau pengguna yang tak mau sembarang orang mengirimi mereka uang.

Tidak hanya itu, pengguna Twitter di Android juga akan bisa mengirimkan uang melalui fitur Spaces.

Mengutip laman The Verge, Jumat (7/5/2021), Tip Jar mendukung sejumlah opsi pembayaran termasuk PayPal. Twitter menggunakan pemroses pembayaran eksternal untuk bertransaksi.

Saat ini, semua pengguna berbahasa Inggris dapat mengirim tip, namun kini hanya kreator, jurnalis, pakar dan lembaga nonprofit tertentu yang bisa mengaktifkan fitur Tip Jar.

Sejauh ini, satu-satunya cara mengakses Tip Jar adalah dengan masuk ke profil pengguna. Artinya mengirimkan uang akan lebih rumit dibandingkan menyukai atau me-retweet status.

Sayangnya fitur ini belum tersedia di Indonesia untuk saat ini.

Selain Tip Jar, Twitter akan menghadirkan sejumlah fitur dan kemampuan baru lagi di platformnya. Namun sejauh ini belum diungkap fitur apa yang dimaksud.

(Dam/Ysl)