Sukses

Twitter Mulai Gulirkan Spaces ke Lebih Banyak Pengguna

Liputan6.com, Jakarta - Twitter mulai menggulirkan layanan Spaces ke lebih banyak pengguna, setelah dikembangkan dan diuji secara terbatas ke sejumlah pengguna. Kini, akun dengan jumlah follower 600 atau lebih sudah bisa memulai menjadi host di Spaces.

"Dulu, anda mengikuti orang karena tweet mereka. Sekarang, anda dapat mendengar suara dan membicarakan apa yang sedang terjadi saat ini sekaligus apa yang penting bagi anda dengan Spaces secara live," tulis Twitter dalam keterangan resmi, Selasa (4/5/2021).

Seperti informasi, Spaces merupakan fitur yang memungkinkan pengguna membuka percakapan secara terbuka di Twitter. Jadi, fitur ini memungkinkan pengguna berdiskusi secara personal dalam skala terbatas maupun besar dengan orang lain.

Adapun untuk memulai sesi Spaces, pengguna dapat mengaksesnya dari tombol compose dan pilih opsi Spaces. Pengguna yang juga bergabung sebagai pembicara nantinya juga dapat menyematkan tweet di Spaces tersebut.

Fitur lain yang juga tidak kalah menarik adalah fitur caption atau teks agar pendengar dapat mengikuti apa yang dibicarakan. Lalu membuat kicauan soal Spaces tersebut agar lebih banyak follower yang bisa bergabung.

Saat membuat sesi di Twitter Spaces, pengguna memiliki kontrol dalam sejumlah hal. Mulai dari siapa akan yang berbicara, topik pembicaraan, termasuk suasana yang ingin diciptakan.

Pengguna dapat pula mengundang orang lain untuk bergabung dengan mengirimkan tweet atau DM. Twitter juga memastikan keamanan sesi, sehingga host dimungkinkan untuk membisukan pembicara, mencabut izin bicara, atau mengeluarkan mereka dari Spaces.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat melaporkan dan memblokir orang lain di sebuah sesi Spaces. Dan, pengguna dapat pula melaporkan sebuah sesi.

2 dari 3 halaman

Sejumlah Fitur yang Akan Hadir di Spaces

Selain menghadirkan layanan Spaces ke lebih banyak pengguna, Twitter juga menerima masukan dari sejumlah pengguna mengenai fitur yang ada di dalamnya. Untuk itu, ada beberapa fitur yang akan dihadirkan di Spaces ke depannya, berikut ini daftarnya.

Spaces dengan Tiket Berbayar

Mengingat host meluangkan waktu dan usaha saat melakukan sesi di Spaces, Twitter kini tengah menyiapkan sistem yang memungkinkan host mendapatkan apresiasi dalam bentuk pembayaran.

Tidak hanya itu, ada pula konten ekslusif yang dibagikan untuk para pendengar yang berpartisipasi. Nantinya host dapat mengatur harga tiket dan jumlah tiket yang tersedia.

Saat ini, baru sekelompok kecil pengguna yang dapat membuat sesi di Spaces dengan tiket berbayar dalam beberapa bulan ke depan. Mayoritas penjualan tiket akan diberikan ke host dan Twitter hanya menerima sebagian kecil.

Jadwal dan Pengingat

Untuk memudahkan pengguna, Twitter akan menghadirkan fitur untuk menjadwalkan pengingat sesi Spaces yang akan digelar. Jadi, pengguna tidak akan ketinggalan mendengar sesi Spaces tokoh favorit mereka. 

3 dari 3 halaman

Fitur Lain

Co-Host dengan Orang Lain

Host nantinya juga dapat mengadakan sesi Spaces dengan orang lain (co-host). Jadi, co-host dapat membantu untuk mengatur pembicara, peserta, termasuk menitipkan sesi yang berjalan apabila host harus meninggalkan sesi tersebut.

Aksesibilitas Lebih Baik

Twitter juga tengah mengupayakan perbaikan pada live captions yang ada di Spaces, sehingga teks yang muncul dapat dijeda, disesuaikan, dan lebih akurat.

Lebih Banyak Cara Menemukan Spaces

Twitter mengatakan nantinya akan lebih banyak cara menemukan dan mengikuti Spaces. Salah satunya adalah bergabung dalam Spaces yang sedang berlangsung dengan memilih lingkaran ungu di foto profil orang lain.

(Dam/Ysl)