Sukses

Ini yang Bisa Dilakukan untuk Maksimalkan Ibadah Pakai Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Meski Ramadhan 2021 masih sama seperti tahun lalu akibat pandemi Covid-19 yang belum mereda, umat muslim Indonesia tetap harus bersemangat dalam menjalankan ibadah.

Oppo Indonesia pun mengajak umat muslim untuk melengkapi amalan puasa berbekal bantuan smartphone.

Terlebih, berbagai aplikasi penunjang Ramadhan untuk smartphone saat ini mempunyai fitur cukup lengkap. Misalnya aplikasi penunjuk arah kiblat, waktu sahur dan berbuka, waktu sholat, sampai aplikasi Alquran digital untuk tadarus makin rajin.

Melalui smartphone, kamu bisa mengunduh beberapa aplikasi bernuansa islami dari Google Play Store. Misalnya aplikasi Muslim Pro atau Umma yang membantu pengguna membaca Alquran dengan mudah sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Namun berlama-lama melihat layar untuk membaca Alquran, menimbulkan kekhawatiran mata menjadi mudah lelah dan pedih karena adanya blue light atau cahaya biru yang dipancarkan dari layar smartphone. Blue light sendiri bisa berdampak negatif pada mata dan kesehatan kita secara keseluruhan.

Oppo melalui perangkat Oppo A54 pun menyajikan fitur Eye Comfort yang bisa mengurangi cahaya biru untuk mencegah ketegangan pada mata.

Fitur ini dapat diatur agar senantiasa menyala atau Always On, begitu pula dengan temperatur cahaya layar dapat disetel mulai dari Cool hingga Warm.

2 dari 3 halaman

Sesuaikan Kecerahan Layar

Smartphone ini juga memiliki fitur Sunlight Screen yang mampu menyesuaikan pengaturan kecerahan layar hingga 14,5 persen ketika ada di bawah matahari. dengan begitu tampilan layar tetap terlihat jelas oleh mata.

Sebaliknya, fitur Moonlight Screen akan mengurangi pancaran cahaya hingga 2 nits saat berada di lingkungan gelap agar tidak menyilaukan mata.

Ada pula fitur berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yakni AI Smart Backlight.

Fitur ini akan mempelajari kebiasaan pengguna saat menyesuaikan lampu latar dan merekam tingkat kecerahan sehingga di lain waktu agar dapat mengatur secara otomatis.

3 dari 3 halaman

Fitur Serupa di Smartphone Lain

Sebenarnya, tidak hanya perangkat Oppo. Merek smartphone lain pun telah menghadirkan berbagai teknologi untuk membantu pengguna nyaman ketika melihat layar.

Pada smartphone Samsung misalnya, pengguna bisa menggunakan fitur Eye Comfort Shield yang membuat warna layar lebih hangat. Dengan begitu, ketika dipakai berlama-lama membaca Alquran, mata pengguna tidak terlalu lelah.

Sementara untuk pengguna smartphone Huawei, pengguna bisa mengaktifkan fitur Eye Comfort.

Fitur ini bakal meredupkan sinar layar dan menjadikannya berwarna kekuningan sehingga nyaman untuk dipakai membaca Alquran berjam-jam sekalipun.

Pengguna Xiaomi pun bisa menerapkan mode baca yang fungsinya adalah meredupkan layar dan menggantinya dengan tampilan warna kekuningan.

(Tin/Isk)