Sukses

Sony Perkenalkan Xperia 10 III, Smartphone 5G Kelas Menengah

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, yakni Xperia 10 III. Smartphone ini diumumkan bersama dua perangkat anyar lain, yaitu Xperia 1 III dan Xperia 5 III.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (15/4/2021), Sony Xperia 10 III dipersenjatai chipset 690 5G yang dipadu RAM 6GB dan memori internal 128GB.

Smartphone ini hadir dengan layar OLED berukuran 6 inci yang sudah mendukung HDR 10 dan memiliki refresh rate 60Hz. Dengan ukuran layar itu dan apsect ratio 21:9, dimensi smartphone jadi lebih ringkas.

Bagian layar maupun bodi belakang smartphone anyar Sony ini sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 6.

Untuk departemen kamera, ada lensa utama 12MP, lensa ultrawide 8MP, dan lensa telephoto 8MP. Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 8MP.

Sebagai fitur tambahan, Sony Xperia 10 III memiliki rating IP65/68 ditambah 3,5mm headphone jack yang mendukung LDAC dan Hi-Res audio. Ada baterai berkapasitas 4.500mAh untuk menunjang performanya.

Sony 10 III yang menjalakan Android 11 tersedia dalam tiga empat pilihan warna, yakni hitam, putih, biru, dan pink.

Sony belum mengungkap harga smartphone ini, tapi perusahaan mengatakan perangkat ini akan tersedia pada awal musim panas 2021.

2 dari 3 halaman

Sony Bakal Boyong Gim PlayStation Populer ke Platform Mobile

Di sisi lain, Sony diketahui berencana untuk mulai fokus menggarap pasar gim mobile. Informasi ini diketahui dari lowongan pekerjaan yang dibuka oleh Sony.

Dikutip dari Eurogamer, Senin (12/4/2021), Sony disebut sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Head of Mobile PlayStation Studio SIE. Dalam keterangannya, posisi ini akan fokus untuk mengadaptasi franchise populer PlayStation ke perangkat mobile.

"Anda akan bertangung jawab untuk membangun dan mengembangkan tim mobile sekaligus berperan sebagai Kepala di unit bisnis baru ini yang ada di dalam PlayStation Studios," tulis lowongan pekerjaan tersebut.

Dengan diketahuinya lowongan pekerjaan ini, Sony kemungkinan besar memang memiliki rencana serius untuk menghadirkan deretan gim franchise miliknya ke platform mobile.

3 dari 3 halaman

Tidak Hadir dalam Waktu Dekat

Namun memang hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Sebab, keterangan dalam lowongan ini menyebut roadmap program pengembangan gim mobile akan dilakukan dalam waktu tiga hingga lima tahun ke depan.

Mengingat belum  ada informasi lebih lanjut, deretan judul gim yang mungkin dikembangkan dalam proyek ini juga belum dapat diketahui. Kendati demikian, menarik untuk menunggu langkah atau pengumuman selanjutnya dari Sony mengenai proyek ini.

(Dam/Isk)