Sukses

Sirclo Akuisisi Orami untuk Perkuat Layanan Omnichannel

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan e-commerce enabler, Sirclo, mengakuisisi Orami yang dikenal sebagai platform parenting yang menggabungkan commerce, content, dan community dalam satu aplikasi.

Kesepakatan ini menggabungkan dua perusahaan yang sudah melayani lebih dari 100.000 brands dari skala usaha mikro kecil menengah (UMKM) hingga multinasional, serta menjangkau jutaan konsumen di 34 provinsi Indonesia.

Founder dan CEO Sirclo, Brian Marshal, mengatakan aksi korporat ini dapat memperluas layanan enabler yang ditawarkan perusahaan untuk pemilik merek yang ingin memasuki pasar online.

"Orami memiliki situs belanja online yang memfasilitasi brands ternama dalam menjual produk kebutuhan ibu dan anak. Di sini, kami punya misi untuk menggabungkan kekuatan dalam membantu brands berjualan online dengan lebih strategis, terukur, dan efisien," katanya melalui keterangan resmi, Kamis (8/4/2021).

Sementara CEO Orami, Ferry Tenka, menilai sinergi ini sebagai peluang yang sangat besar untuk mengakselerasi pertumbuhan Orami, serta di saat yang sama, juga dapat terus mengakomodasi kebutuhan brands maupun konsumen.

"Kemampuan Orami menjangkau konsumen secara luas selaras dengan yang selama ini telah dilakukan Sirclo sebagai e-commerce enabler dengan infrastruktur dan jaringan ritel yang kuat," ujar Ferry.

 

2 dari 3 halaman

Langkah Strategis

Di sisi lain, Co-Founder dan Managing Partner di East Ventures, Willson Cuaca, menuturkan akuisisi Orami oleh Sirclo adalah langkah strategis yang akan mengakselerasi kemampuan Sirclo untuk melayani brand owner dan UMKM dengan lebih baik.

"Sirclo berada di waktu dan posisi yang tepat di kancah transformasi digital. Kami menunggu gebrakan-gebrakan dari tim gabungan ini," ucap Willson.

 

 

3 dari 3 halaman

Motor Pemberdayaan

Secara keseluruhan, penggabungan kedua perusahaan bertujuan untuk menjadi motor pemberdayaan bagi brands dari berbagai skala. Mereka dapat berfokus pada pengembangan produk, sedangkan Sirclo memperkuat proses penjualan end-to-end.

Aksi korporasi ini akan menggabungkan hampir 1.000 karyawan, di mana Orami akan terus beroperasi sebagai entitas mandiri yang terintegrasi dengan layanan yang ditawarkan Sirclo.

Ferry Tenka selaku CEO Orami akan mengambil posisi baru sebagai Chief Marketing Officer Sirclo dan Hendrawan Kartika (President Orami) sebagai Chief Financial Officer Sirclo.