Sukses

Review Realme 8 Pro, Punya Kamera 108MP dan Pengisian Daya Cepat 50W

Liputan6.com, Jakarta - Realme 8 Pro adalah salah satu smartphone menengah yang dibekali kamera utama 108MP, setelah sebelumnya Xiaomi Redmi Note 10 Pro (juga memiliki kamera 108MP) meluncur di Indonesia pada 30 Maret 2021.

Kameranya menjanjikan foto dan video berkualitas tinggi (siang dan malam), dan juga kemampuan zoom 3x berkat pemrosesan dan algoritma baru.

Selain kamera beresolusi super tinggi, Realme 8 Pro juga didukung pengisian daya 50W yang sangat cepat.

Aspek lain yang menarik perhatian adalah desainnya, di mana sebagian besar smartphone kelas menengah relatif dikemas dengan bodi agak tebal sehingga sulit digenggam dan dibalut bodi plastik yang terkesan murah.

Sementara Realme 8 Pro tampil ramping, mudah digenggam, dan dibalut efek bertekstur di bagian belakang.

Apa saja fitur canggih lain yang ada pada Realme 8 Pro? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kamera

Karena smartphone ini menonjolkan fitur kamera, maka dari itu kami membahas aspek ini terlebih dulu. Kamera utama 108MP-nya menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM2 dan selain menjanjikan kualitas foto terbaik, juga menonjolkan 3x lossless zoom.

Sensor ekstra besar 1/1,52 inci tersebut didukung teknologi isolasi piksel ISOCELL Plus yang mampu memberikan warna lebih nyata dan meningkatkan ISO sebesar 15 persen.

Ditambah lagi dengan adanya teknologi Smart-ISO, kamu dapat memilih pengaturan ISO terbaik secara otomatis sesuai dengan lingkungan di mana kamu berada. Tidak peduli apakah gelap atau terang, kamu dapat mengambil foto dengan jelas dan cerah.

Selain itu, sensor HM2 mendukung teknologi 9-in-1 Pixel Binning, memungkinkan sembilan piksel 0,7μm yang berdekatan digabungkan untuk mensimulasikan piksel 2,1μm besar dan meningkatkan kualitas gambar di bawah kondisi minim cahaya.

Tak ketinggalan, Realme 8 Pro juga dilengkapi sejumlah mode, seperti Ultra-Clear 108MP Mode dengan algoritmen ultra-high-definition terbaru yang mampu memberikan tingkat kejernihan foto luar biasa.

Realme 8 Pro. Liputan6.com/Iskandar

Terdapat pula Starry Mode generasi kedua yang diklaim lebih baik untuk meningkatkan kecerahan dan mengurangi noise pada gambar.

Tak sampai di situ, Realme 8 Pro punya fitur Tilt-Shift Video yang menjadi peningkatan paling signifikan. Mode ini akan mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur dengan menggunakan semacam ilusi optik mata manusia.

Realme 8 Pro. Liputan6.com/Iskandar

Tilt-shift Mode juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan bentuk, sudut, posisi, dan ukuran efek blur secara manual. Kamu bahkan dapat dengan mudah memilih dan menyesuaikan efek buram agar sesuai dengan pemandangan yang ada di sekitar.

Selain fitur di atas ada pula fitur lainnya seperti Trendy Portrait (terdiri dari Neon Portrait, Dynamic Bokeh), Dual-View Video, Super Nightscape, dan Super Nightscape Video.

Selain kamera utama dengan resolusi besar, Realme 8 Pro juga dibekali lensa ultra-wide beresolusi 8MP, 2MP Black & White Potrait Lens, dan 2MP Macro Lens, serta kamera selfie 16MP.

2 dari 7 halaman

Hasil Foto

Kamera Utama 108MP: 

Kamera utama 108MP. Liputan6.com/IskandarKamera utama 108MP. Liputan6.com/IskandarKamera utama 108MP. Liputan6.com/IskandarKamera utama 108MP. Liputan6.com/Iskandar

 Portrait, 12MP:

Portraits, 12MP. Liputan6.com/IskandarPortraits, 12MP. Liputan6.com/IskandarPortraits, 12MP. Liputan6.com/Iskandar

Ultra-Wide, 8MP:

Ultra-wide camera, 8MP. Liputan6.com/iskandarUltra-wide camera, 8MP. Liputan6.com/iskandarUltra-wide camera, 8MP. Liputan6.com/iskandarUltra-wide camera, 8MP. Liputan6.com/iskandarUltra-wide camera, 8MP. Liputan6.com/iskandar

Night Mode, 8MP:

Night Mode, 8MP. Liputan6.com/IskandarNight Mode, 8MP. Liputan6.com/IskandarNight Mode, 8MP. Liputan6.com/IskandarNight Mode, 8MP. Liputan6.com/IskandarNight Mode, 8MP. Liputan6.com/Iskandar

3 dari 7 halaman

Desain

Realme 8 Pro tampil dengan desain yang sangat menonjol, di mana bagian belakangnya dilapisi finishing sand-blasted (disebut Realme sebagai Infinite Starry Design) serta logo yang mengkilap dan tagline 'Dare to Leap' yang terpampang besar. Namun menurut kami, tagline tersebut terlihat terlalu mencolok.

Menggunakan proses teknologi AG-Crystal, Realme 8 Pro menunjukkan desain yang berbeda dari model smartphone Realme sebelumnya. Proses desain tersebut menciptakan kesan visual layaknya melihat pemandangan langit berbintang yang tersusun dari butiran-butiran kecil.

Realme 8 Pro. Liputan6.com/Iskandar

Selama kami menggunakannya, hal yang paling menarik adalah smartphone ini cukup ramping dan ringan. Dengan bobot 176 gram dan ketebalan 8,1mm, Realme 8 Pro begitu friendly di tangan.

Cocok untuk kamu yang tidak mau ribet dan suka menaruh smartphone di kantong, atau di dalam tas tanpa menambah beban menjadi terlalu berat.

Panel kameranya sendiri terlihat begitu seimbang, sehingga kamu tak akan menyangka kalau ada modul kamera 108MP yang besar di dalamnya.

Pada bagian muka didominasi layar Super AMOLED 6,4 inci, juga ada punch hole untuk kamera selfie 16MP yang sangat kecil.

Realme 8 Pro. Liputan6.com/Iskandar

Di atas layar tertanam kisi-kisi lubang suara yang hampir tidak terlihat. Sisi kiri bodi menampung slot tiga kartu, di mana kamu dapat meletakkan dua SIM dan kartu microSD.

Sementara tombol volume dan power ada di sebelah kanan. Sedangkan di bagian bawahnya terdapat port USB-C, kisi-kisi speaker, dan jack 3.5mm.

Realme 8 Pro. Liputan6.com/IskandarRealme 8 Pro. Liputan6.com/Iskandar

Sayangnya, Realme menghilangkan lapisan anti-air pada bodi smartphone ini, di mana fitur ini sebelumnya tersedia untuk Realme 7 Pro. Tak ada paking karet di sekitar slot kartu, yang berarti smartphone ini tidak tahan terhadap air.

 

4 dari 7 halaman

Layar

Beralih ke bagian layar, Realme 8 Pro dibekali layar super AMOLED 6,4 inci dengan tampilan fullscreen dan resolusi FHD+ (2400 x 1080 piksel), screen to body ratio 90,8 persen, tingkat kecerahan hingga 1000nits, dan refresh rate 60Hz.

Layarnya mendukung fitur Always-on display, gamut warna DCI-P3, dan dapat menampilkan konten HDR10 di beberapa aplikasi.

Realme 8 Pro. Liputan6.com/Iskandar

Ditambah teknologi warna DCI-P3 dan sRGB, di mana kamu dapat memilih antara mode warna Brilliant (oversaturated), Vivid (default, DCI-P3), atau Gentle (sRGB). Dengan demikian, kamu bisa penggeser suhu warna dari dingin menjadi hangat.

Hal menarik lainnya adalah Realme 8 Pro memiliki fitur pembaca sidik jari di bawah layar, dan ini adalah salah satu teknologi terbaik yang ditawarkan. Pemindainya sangat cepat dan akurasinya hampir sempurna.

5 dari 7 halaman

Performa

Realme 8 Pro diperkuat prosesor Qualcomm Snapdragon 720G dengan arsitektur 8nm untuk memberikan performa smartphone yang lebih bertenaga dan efisien.

Chipset ini dilengkapi dengan dua buah core Cortex-A76 dengan bisa dipacu hingga kecepatan 2.3Ghz dan enam core Cortex-A55 dengan clock speed hingga 1.8GHz.

Untuk memberikan tampilan grafis yang lebih smooth, chipset ini telah terintegrasi dengan GPU Adreno 618 baru, yang sama dengan Snapdragon 730G.

Lebih mantap lagi, smartphone ini memiliki konfigurasi memori 8/128GB yang masih bisa diperluas hingga 256GB melalui slot micro SD.

Soal software, Realme 8 Pro berjalan di atas sistem operasi Android 11 dan Realme UI 2.0. Versi launcher baru Realme menawarkan opsi penyesuaian yang lebih beragam, lebih banyak tema, beberapa gaya dark mode tambahan, mini windows, dan keamanan yang ditingkatkan.

 

6 dari 7 halaman

Baterai

Realme 8 Pro mencetak peringkat ketahanan baterai hingga 116 jam (3 jam lebih lama dari Realme 7 Pro), di mana 35 jam untuk panggilan telepon pada jaringan 3G, 17 jam untuk penjelajahan web, dan 21 jam untuk pemutaran video.

Soal pengisian daya, smartphone ini dibekali pengisian daya cepat SuperDart Charge 50W, tetapi kamu mendapatkan adaptor 65W yang lebih bertenaga sebagai bagian dari paket penjualan.

Realme mengklaim, SuperDart Charge 50W yang ditawarkan mampu mengisi ulang baterai 50 persen dari kondisi kosong hanya dalam 17 menit. Sementara pengisian daya penuh hanya memerlukan waktu 47 menit.

Dalam pengujian kami, pengisian baterai sampai penuh memerlukan waktu sekitar 50 menit. Tak jauh berbeda dengan apa yang dijanjikan Realme.

Tapi sayangnya, tidak ada fitur pengisian nirkabel dan reverse charging.

 

7 dari 7 halaman

Kesimpulan

Realme 8 Pro adalah salah satu smartphone yang menawarkan serangkaian fitur canggih dengan harga kompetitif.

Desainnya juga lebih compact dan ringan dibanding pesaingnya yang memiliki layar Super AMOLED dan kamera utama 108MP.

Masa pakai baterainya juga cukup baik, dengan pengisian daya yang juga sangat cepat.

Realme 8 Pro sendiri menggunakan SoC serupa dengan pendahulunya, Realme 6 Pro dan Realme 7 Pro. Juga memiliki layar yang sama dengan Realme 7 Pro, tetapi fitur dual-speaker dihilangkan dan tidak adanya fitur lapisan anti-air.