Sukses

Samsung Mau Garap Kamera 200MP untuk Smartphone?

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini resolusi tertinggi dari kamera smartphone ada di angka 108MP. Namun tampaknya hal tersebut bakal segera berubah. Pasalnya akun Twitter Samsung Exynos belum lama ini mengunggah status di Twitter.

Akun Twitter Samsung Exynos menanyakan ke pengguna, "para pecinta fotografi, apa yang paling Anda harapkan dari kamera smartphone?"

Unggahan tersebut dibarengi dengan sebuah video yang memperlihatkan sensor kamera 200MP bersama dengan lima sensor lainnya.

Mengutip Gizchina, Rabu (24/3/2021), dengan unggahan ini Samsung seolah mau mengisyaratkan smartphone-nya yang akan datang bisa memiliki 6 lensa kamera.

Video tersebut juga memperlihatkan ada kamera ganda di bagian depan smartphone. Samsung juga seolah mengungkap kalau semua kamera ini bekerja di bawah kendali chipset Samsung Exynos yang baru.

2 dari 3 halaman

Teknologi Binning

Hal ini mungkin tidak begitu mengejutkan, pasalnya beberapa bulan lalu, leakster perangkat dengan nama Ice Universe melaporkan Samsung akan segera merilis sensor kamera ISOCELL dengan resolusi yang sangat besar.

Sensor kamera ini akan menggunakan teknik photo binning. Artinya pada kondisi cahaya redup, kamera akan mengambil foto berukuran 50MP atau 12,5MP. Kemudian, teknologi binning akan memperkecil resolusi untuk mengambil foto yang lebih jelas.

Tidak hanya itu, fitur lain dari sensor S5KGND 200MP milik Sansung adalah CMOS dengan dual native ISO, dukungan output video 16K, dan fokus quad-core.

Samsung juga memamerkan chipset Exynos di akhir video. Artinya, kemungkinan Samsung bakal mengungkap chipset yang memiliki kemampuan untuk memproses lensa hingga 200MP.

3 dari 3 halaman

Bakal Dipakai Merek Lain?

Namun demikian, bisa jadi chipset yang diumumkan Samsung adalah Exynos 2100 yang telah medukung enam lensa kamera dan sensor 200MP.

Kendati demikian, hal ini tidak berarti smartphone pertama di dunia yang akan menggunakan sensor 200MP adalah Samsung.

Menurut laporan sebelumnya, smartphone produksi Tiongkok ZTE Axoan 30 Pro dilaporkan akan menjadi smartphone dengan kamera 200MP.

Berdasarkan sebuah bocoran, lensa kamera 200MP itu menggunakan sensor S5KGND dengan ukuran sensor 1/1/37", ukuran piksel 1,28um, dan ukuran fokus piksel 0,64um.

(Tin/Ysl)