Sukses

Sejumlah Pengguna Keluhkan Warna iPhone 11 dan iPhone 12 Memudar

Sejumlah pengguna mengeluhkan warna iPhone 11 dan iPhone 12 memudar tanpa sebab yang jelas.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir, Apple memperkenalkan lebih banyak opsi warna untuk perangkat iPhone. Hal ini tentu menyenangkan bagi konsumen karena bisa memilih warna iPhone yang lebih merepresentasikan dirinya.

Sayangnya, warna iPhone yang terang justru bisa memudar.

Informasi ini berdasarkan laporan media Svtapple.sk yang menyebut ada sejumlah keluhan mengenai warna iPhone 11 dan iPhone 12 yang memudar.

Dikutip dari Ubergizmo, Selasa (16/3/2021), produk iPhone 12 yang warnanya memudar adalah warna Product (Red), hijau, dan hitam. Disebutkan, warna yang memudar ini adalah bagian sisi smartphone.

iPhone 12 Product (Red) tampak memudar warnanya (Foto: Ubergizmo)

Tadinya perangkat iPhone 12 berwarna merah dan memudar dan berubah mendekati warna oranye. Laman tersebut menuliskan, sebagian iPhone yang warnanya pudar dilindungi dengan kover pelindung sehingga memudarnya warna iPhone kemungkinan bukan karena gesekan.

Sementara, sejumlah iPhone lain mengalami warna pudar tidak menggunakan kover pelindung.

Mungkin juga, terjadi reaksi kimia dengan permukaan silikon casing yang resmi dari Apple.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

iPhone 11 Juga Memudar

Tidak hanya iPhone 12 yang warnanya memudar, sejumlah pengguna mengeluhkan perangkat iPhone 11 dan iPhone SE 2-nya juga mengalami hal serupa.

Namun, dari iPhone yang dilaporkan mengalami masalah ini, semuanya tidak ada yang pudarnya di bagian konektor pengisian daya, mikrofon, dan speaker.

Menurut anggota forum MacRumors JPack, aluminium berwarna dapat memudar di bawah pengaruh radiasi ultraviolet dan warna merah disebut-sebut sangat sensitif terhadap perubahan pigmen. Kasus serupa ditemukan pada mobil berwarna merah.

3 dari 3 halaman

Keluhan Tak Diterima Apple

iPhone yang berwarna diketahui tidak melewati proses anodisasi, karena proses ini terbatas pada perak, emas, dan perunggu gelap.

Kendati Apple telah menggunakan berbagai kombinasi finishing dalam beberapa tahun terakhir, kestabilan warna masih dirasa kurang.

Orang-orang yang mengalami hal ini berkumpul di forum diskusi dan mengatakan, Apple tidak menerima keluhan atas masalah ini. Pasalnya, pudarnya warna iPhone hanyalah defect kecil dan tidak berdampak pada fungsionalitas perangkat.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini