Sukses

Depak Huawei, Oppo Kini Nomor 1 di Pasar Smartphone Tiongkok

Berhasil mendepak posisi Huawei, Oppo kini menjadi vendor nomor satu di pasar smartphone Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo untuk pertama kalinya menjadi vendor smartphone nomor satu di Tiongkok. Menurut riset pasar dari Counterpoint, Oppo mengambil alih posisi Huawei yang sebelumnya jadi penguasa pasar smartphone di Negeri Tirai Bambu itu.

Mengutip The Verge, Selasa (9/3/2021), laporan Counterpoint menyebut Oppo menguasai pangsa pasar 21 persen pada Januari 2021. Oppo ada di posisi pertama, mengalahkan Vivo dan Huawei yang masing-masing meraup pangsa pasar sekitar 20-an persen.

Sementara Apple dan Xiaomi duduk di posisi ke 4 dan 5, dengan pangsa pasar masing-masing sekitar 16 persen.

Penjualan smartphone Oppo sendiri meningkat 26 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Selain itu penjualan Oppo pada Januari 2021 juga meningkat 33 persen dibandingkan bulan Desember 2020.

Menurut riset Counterpoint, kesuksesan Oppo disumbang oleh penjualan Reno5 Series. Pasalnya Reno5 menawarkan spesifikasi lebih baik dengan harganya lebih terjangkau ketimbang Reno4.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Huawei Kesulitan

Sementara itu, Counterpoint mengatakan, Huawei kini meningkatkan fokusnya pada pasar smartphone premium akibat sanksi AS yang tidak mengizinkan perusahaan AS bertransaksi dengan Huawei.

Counterpoint juga menyebut, market share Huawei kemungkinan juga terus menurun sepanjang 2021.

Oppo pun akan mendapat kesempatan lebih untuk terus memuncaki pasar smartphone Tiongkok. Apalagi, perusahaan dikabarkan akan merilis perangkat flagship Oppo Find X3 Pro.

3 dari 3 halaman

Luncurkan Oppo Reno5 Edisi Khusus Avengers

Sementara di Indonesia, Oppo akhirnya mengumumkan Reno5 edisi khusus yang akan segera rilis. Setelah sempat diungkap kehadirannya, Oppo kini memastikan edisi khusus itu merupakan hasil kerja sama dengan Marvel.

"Hari ini kami memperkenalkan edisi spesial hasil kolaborasi Oppo dengan Marvel, yakni Reno5 Marvel Avengers Edition," tutur PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (6/3/2021).

Menurut Aryo, Reno5 edisi khusus ini akan dijual dalam jumlah sangat terbatas. Selain itu, perangkat ini nantinya hanya dapat dibeli melalui undangan saja.

"Nantinya, kami akan menyebarkan undangan untuk membali perangkat ini melalui akun media sosial resmi Oppo Indonesia, KOL, media, tech YouTuber dan komunitas penggemar Marvel," tuturnya menjelaskan.

Oppo Reno5 Marvel Avengers Edition merupakan hasil kolaborasi ketiga Oppo dengan Marvel. Kolaborasi sebelumnya hadir lewat F3 Black Edition yang menggandeng karakter Spider-Man dan F11 Pro Marvel Avengers Limited Edition bersamaan film Avengers: Endgame.

Adapun mekanisme pembelian perangkat Oppo edisi khusus ini akan dilakukan pekan depan, termasuk soal harga dan situs e-commerce yang akan menjualnya. Pembagian kode undangan juga akan didistribusikan pekan depan.

Kendati demikian, Oppo belum mengungkap jumlah unit Reno5 Marvel Avengers Edition yang rilis nanti. Sebagai perbandingan, F3 Black Edition Spider-Man Homecoming saat rilis hanya dijual 300 unit saja di Indonesia.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini