Sukses

Hacker Pangkas Waktu Loading GTA Online hingga 70 Persen

Liputan6.com, Jakarta Waktu memuat atau loading pada gim Grand Theft Auto (GTA) Online menjadi masalah yang cukup berarti bagi pemainnya beberapa tahun belakangan.

Namun, hacker bernama T0st mengaku telah menangani masalah tersebut hingga mempercepat atau memangkas waktu loading di dalam gim sekitar 70 persen.

Ia merilis bukti perbaikan konsep DLL yang mempersingkat waktu muat gim GTA tersebut.

Dilansir Ars Technica, Rabu (3/3/2021), waktu loading GTA Online tetap lambat meskipun ada perbaikan umum pada perangkat keras dan status permainan sebagai data flow yang terus menguntungkan bagi penerbit TakeTwo.

Sebuah jajak pendapat Reddit anonim tahun lalu menemukan, sekitar setengah dari pemain menunggu tiga hingga enam menit untuk loading di dalam gim selesai, dan sekitar 35 persen pemain menunggu lebih lama untuk memulai setiap sesi.

 

2 dari 4 halaman

Menghemat Waktu

Menyelesaikan masalah ini, T0st memulai proses ini dengan membuat profil CPU mereka sendiri untuk mencoba mencari tahu mengapa gim memaksimalkan satu thread CPU selama lebih dari empat menit selama loading.

Setelah menggunakan alat untuk membuang tumpukan proses dan membongkar kode GTA saat berjalan di memori, T0st melihat satu set fungsi (agak dikaburkan) yang tampaknya mengurai file JSON 10MB dengan lebih dari 63.000 entri total.

File JSON yang dimaksud tampaknya adalah "katalog toko bersih" yang menjelaskan setiap item yang dapat dibeli oleh pemain GTA Online dengan mata uang dalam gim.

Mengurai file 10MB seharusnya tidak terlalu menjadi masalah bagi komputer modern, tetapi beberapa masalah yang tidak jelas dalam implementasi spesifik tampaknya menyebabkan perlambatan besar-besaran.

 

3 dari 4 halaman

Proses Agar Waktu Loading di GTA Online Lebih Cepat

Pertama, fungsi spesifik yang digunakan untuk mengurai string JSON, tampaknya menjalankan fungsi pemeriksaan secara intensif berulang kali setelah membaca untuk setiap bagian data.

“Cukup caching string dengan sederhana untuk mempercepat pemeriksaan tersebut menghasilkan pengurangan lebih dari 50 persen dalam waktu load dengan sendirinya,” tulis T0st.

Setelah mem-parsing semua data JSON ini, GTA Online tampaknya memuatnya ke dalam array dengan cara yang sangat tidak efisien, memeriksa seluruh array untuk duplikat dari awal saat berkembang.

Mengganti proses itu dengan tabel hash yang dapat dengan cepat memeriksa duplikat menyebabkan pengurangan waktu muat sekitar 25 persen dengan sendirinya, tulis T0st.

 

4 dari 4 halaman

Waktu Loading Dipangkas

Dengan dua perbaikan ini digabungkan, T0st mengatakan waktu muat GTA Online turun dari enam menit menjadi hanya di bawah dua menit pada mesin uji. Mereka yang tertarik untuk mereplikasi hasil dapat membuat DLL serupa dari kode sumber T0st.

Sebagai catatan, pemain hanya boleh melakukannya jika berani untuk mengambil risiko, karena jenis modifikasi ini dapat dengan mudah memicu pemeriksaan anti-cheat dari gim.

Sementara itu, T0st menulis perbaikan ini untuk semua pemain di pihak Rockstar harusnya menjadi lebih singkat. "Seharusnya tidak memakan waktu lebih dari satu hari untuk diselesaikan oleh satu developer," tutup T0st.