Sukses

Bot Media Sosial Diduga Pengaruhi Saham GameStop

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah perusahaan keamanan siber PiiQ Media menyebut bahwa ada aktvitas bot media sosial yang memengaruhi saham GameStop sebelum dan setelah saham itu melonjak bulan lalu.

Namun, CEO Reddit Steve Huffman mengatakan tidak ada aktivitas yang didorong oleh bot yang signifikan pada platformnya.

Perusahaan keamanan berbasis di Massachusetts itu mengatakan bot media sosial mempromosikan Dogecoin, GameStop, dan saham lainnya di konten-konten di Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.

Mereka memperkirakan ada puluhan ribu bot yang terlibat, tetapi masih belum jelas seberapa besar pengaruh mereka terhadap naik atau turunnya saham dan GME dan lainnya.

Memang, saham GME sempat meroket pada bulan Januari 2021 karena pengguna Reddit di ‘r/wallstreetbets’ bergerak secara kolektif.

Dikutip dari The Verge, Senin (1/3/2021), PiiQ mengatakan kepada Reuters bahwa mereka mendeteksi pola perilaku buatan pada konten terkait GameStop antara 28 Januari hingga 18 Februari lalu di media sosial.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini

 

2 dari 2 halaman

Rapat dengar pendapat

Huffman dalam rapat dengar pendapat di hadapan House Financial Services pada Februari lalu mengatakan bahwa platform miliknya tidak mendeteksi aktivitas yang didorong oleh bot atau aktor asing lainnya yang signifikan di Subreddit terutama yang dicurigai sebagai bagian dari peningkatan perdagangan GME.

Komisi Sekuritas dan Bursa setempat sedang menyelidiki isu ini dan Komite Perbankan Senat berencana untuk mengadakan rapat dengar pendapat mengenainya.