Sukses

Google Bayar Media Australia atas Konten yang Dipublikasikan di Produknya

Google akan memberikan bayaran ke media Australia atas konten yang dipublikasikan di produk-produknya.

Liputan6.com, Jakarta - Google meluncurkan Google News Showcase di Australia. Dengan ini, tiap konten berita milik media yang ditayangkan di produk Google akan diberikan bayaran.

Diungkapkan oleh Head of News, Web & Publishing Product Partnership APAC Google Kate Beddoe, News Showcase dirancang untuk membawa nilai bagi penerbit berita (media) dan pembaca dengan menyediakan program berlisensi, yang memberikan bayaran bagi penerbit atas tiap konten yang dikurasi pada seluruh layanan Google.

"Pembaca pun akan mendapatkan wawasan atas berita yang berarti," katanya, dikutip dari blog Google, Minggu (7/2/2021).

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

Diungkapkan, sejak dirilis tahun lalu, di samping investasi global senilai USD 1 miliar, Google mengklaim telah melipatgandakan jumlah penerbit media yang menjadi bagian dari News Showcase.

Kini sudah ada lebih dari 450 penerbit media di belasan negara, misalnya Inggris, Jerman, Brasil, Argentina, Kanada, Jerman, hingga Prancis.

Google juga sudah mengadakan kesepakatan dengan Reuters dan tiga penerbit media Prancis, yakni tiga surat kabar teratas negara tersebut.

"Dengan kehadiran program News Showcase di Australia, sejumlah penerbit media baik lokal dan regional akan akan dibayar atas konten yang ditampilkan di News Showcase," kata Beddoe.

Dikatakan pula, para penerbit awal yang bergabung nantinya juga akan memberikan masukan tentang bagaimana produk Google News Showcase ini bisa membantu membawa produk jurnalisme mereka ke hadapan pembaca.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berita juga muncul di Google News di Android dan iOS

"Kami terus bekerja dengan penerbit Australia, baik besar maupun kecil, untuk memberikan pengalaman berita yang berbeda kepada pembacanya di bawah News Showcase," kata Beddoe.

Kemitraan ini akan memberikan dukungan keuangan untuk beberapa media independen lokal dan regional Australia yang paling terkenal di Australia, misalnya The Canberra Times, The Illawarra Mercury, The Saturday Paper, Crikey, The New Daily, InDaily, dan The Conversation.

Google juga berharap bisa bekerja sama dengan lebih banyak media di masa depan.

Melalui kemitraan dengan News Showcase, penerbit media bisa berkontribusi pada model bisnis media berkelanjutan dan meningkatkan hubungan antara media dengan pembacanya.

Bicara tampilan, panel pada News Showcase menampilkan artikel atau artikel yang disempurnakan sehingga memberikan kesempatan pada penerbit media untuk menyampaikan berita-berita penting kepada pembacanya.

Panel ini akan muncul di Google News untuk Android, iOS, dan web seluler. Selain itu, tampilan ini juga akan muncul di Discover pada iOS sehingga meningkatkan trafik bagi situs media.

3 dari 3 halaman

Penerbit Media akan Lebih Bisa Pahami Pembaca

"Kami juga berencana menghadirkan News Showcase pada Google Search, platform Google News, dan Discover lainnya di masa depan," tulis Google.

"Tiap artikel yang ditautkan di panel News Showcase akan membawa pembaca langsung ke halaman yang sesuai di situs penerbit sehingga memungkinkan media untuk mengembangkan bisnis mereka dengan menampilkan iklan dan peluang berlangganan pada pengguna," tulis pihak Google.

Google menyebut, pihaknya juga mempermudah penerbit media untuk mempelajari lebih lanjut tentang hal apa yang menjadi perhatian pembacanya.

Penerbit media juga bisa mendapatkan analisis tentang konten mereka di berbagai produk Google. Bahkan dalam beberapa bulan mendatang, penerbit media bisa mempelajari lebih lanjut menggunakan metrik di Seach Console.

Artinya penerbit akan memiliki lebih banyak data untuk memahami artikel dan topik apa yang paling menarik minat pembaca.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini