Sukses

GPU Desktop Baru Milik Intel Tak Akan Berfungsi di AMD

Pembatasan ini menimbang pasar target dari GPU Iris Xe dan kerjasama dengan Asus.

Liputan6.com, Jakarta Kartu grafis desktop Intel Iris Xe yang belum lama ini diluncurkan tidak berfungsi di sistem yang ditenagai oleh AMD.

Biasanya GPU desktop Nvidia dan AMD bekerja di berbagai prosesor Intel dan AMD, tetapi GPU desktop baru Intel ini sedikit lebih membatasi.

Juru bicara Intel menyebutkan kartu grafis baru ini memang tidak dapat bekerja dengan sistem lain yang tidak sesuai.

“Motherboard ini memerlukan BIOS khusus yang mendukung Intel Iris Xe, jadi kartu tidak akan kompatibel dengan sistem lain,” katanya seperti dikutip dari The Verge, Jumat (29/1/2021).

“Kartu tambahan terpisah Iris Xe akan dipasangkan dengan prosesor desktop Intel Core generasi ke-9 (Coffee Lake-S) dan generasi ke-10 (Comet Lake-S) serta chipset Intel (R) B460, H410, B365, dan H310C motherboard berbasis dan dijual sebagai bagian dari sistem yang dibuat sebelumnya,” tuturnya dalam sebuah pernyataan kepada Legit Reviews.

Intel bekerja sama dengan Asus dan vendor lain untuk menjual kartu grafis ini ke integrator sistem yang akan menggabungkannya dengan sistem bawaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paket khusus

Merujuk pada pernyataan Intel, sepertinya ini bukanlah GPU yang dijual terpisah dan dapat dibeli secara personal, melainkan dimaksudkan untuk dipaketkan secara khusus.

Gagasan Intel dengan GPU desktop Iris Xe awalnya adalah meningkatkan apa yang tersedia di PC saat ini. Sebagian besar PC yang berfokus pada bisnis dikirimkan dengan grafik terintegrasi. Di sini Intel mencoba menawarkan sesuatu yang meningkatkan dukungan multitampilan dan akselerasi perangkat keras.

Perlu diperhatikan, kartu grafis ini tidak dirancang untuk meningkatkan permainan atau digunakan dalam peralatan permainan. Intel juga sedang mengerjakan arsitektur Xe-HPG yang pada akhirnya dapat memberikan kartu grafis yang dapat bersaing dengan AMD dan Nvidia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini