Sukses

Google Akan Merilis Ulang Fitur Ini di Android 12, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta - Google kabarnya bakal menghadirkan kembali sebuah fitur yang batal muncul di Android 11 ke sistem operasi berikutnya, yaitu Android 12.

Apa fitur tersebut? Saat ini, tim pengembang di Google baru sebatas menyebut fitur itu dengan nama "Colombus".

Dikutip 9to5Google, Senin (24/1/2021), fitur Colombus memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aksi dengan mengetuk bagian bodi belakang ponsel dua kali.

Secara default, mengetuk bodi belakang smartphone akan mengaktifkan Google Assistant; tetapi bisa mengatur apa saja yang dapat diaktifkan, seperti mematikan alarm, membuka kamera, memutar video, dll.

Sedangkan di Android 12 nanti Colombus hanya dapat melakukan beberapa hal, seperti mengaktifkan Google Assistant, screenshot, pause dan resume saat memutar video, atau membuka notifikasi.

Agar tidak sengaja mengetuk bodi ponsel dua kali atau lainnya, pengguna harus mendaftarkan "gesture atau isyarat" ini terlebih dahulu.

Sayang, belum diketahui secara pasti apakah fitur Colombus ini akan tersedia untuk semua ponsel ber-OS Android 12 atau terbatas untuk seri Google Pixel.

2 dari 3 halaman

Bugs di Android 11 Bikin Main Gim Terganggu

Android 11. Dok: developer.android.com

Android 11 kini berusia lebih dari sebulan. Namun, pada sistem operasi Android versi paling baru ini, masih ada begitu banyak bugs.

Bug yang dimaksud beragam, mulai dari kontrol media yang bermasalah hingga masalah multitasking. Kini, bug terbaru pada Android 11 mempengaruhi para pecinta gim mobile.

Bug ini mengganggu bagi siapa saja yang tengah main gim dengan mode layar penuh.

 

3 dari 3 halaman

Sejumlah Aplikasi Terganggu

Android 11. Dok: androidpolice.com

Mengutip Android Police, Jumat (23/10/2020), bug ini membuat status dan bilah navigasi tetap terlihat di layar meski aplikasi tengah dibuka dalam layar penuh.

Tak hanya gim, aplikasi tertentu seperti YouTube yang biasanya dinikmati dalam layar penuh jadi terganggu tampilannya.

Pasalnya, ketika pengguna update ke Android 11, aplikasi gim serta YouTube tak bisa ditampilkan memenuhi seluruh layar perangkat mereka dan terganggu bilah navigasi dan status. 

(Ysl/Isk)