Sukses

2 Penyedia eBook Legal dan Gratis

Liputan6.com, Jakarta - Pada masa digitalisasi seperti saat ini, banyak orang mengoleksi eBook sebagai pilihan referensi dan bacaan mereka.

Meski disebut tak bisa menandingi sensasi membaca buku fisik, nyatanya masih banyak yang bertukar dan berbagi eBook untuk disebarluaskan.

Namun, beberapa orang merasa kesulitan dalam mencari sumber eBook legal dan tentunya gratis.

Berikut dua pilihan situs web yang menyediakan eBook secara gratis dan legal.

Project Gutenberg

Project Gutenberg didirikan oleh Michael S. Hart pada 1971 dan menjadi perpustakaan tertua dibanding layanan serupa lainnya.

Kamu dapat mengunjungi situsnya di gutenberg.org dan mencari lebih dari 60 ribu koleksi buku yang ditawarkan oleh PG, sebutan untuk Project Gutenberg.

Kategori buku yang ditawarkan antara lain mengenai fiksi, religi, psikologi, sains, dan sains sosial.

Selain itu, PG juga menawarkan kategori binatang, anak-anak, bahasa dan literatur, sejarah, geografi, serta hukum. Masih banyak kategori lain seperti yang dihadirkan dalam daftar lengkap kategori di situsnya.

PG adalah organisasi nonprofit berbasis di Mississipi. Bagi kamu yang memiliki ketertarikan membaca buku dan sedang mencari referensi, kamu bisa langsung menuju ke situsnya dan mengunduh buku di sana secara gratis.

 

2 dari 2 halaman

Open Library

Selanjutnya adalah Open Library yang didirikan sejak 2006 oleh Aaron Swartz, Brewster Kahle, Alexis Rossi, Anand Chittiphotu, dan Rebecca Malamund. Open Library adalah proyek dari Internet Archive, sebuah organisasi nirlaba.

Open Library mengklaim memiliki koleksi lebih dari 1,4 juta salinan buku berbagai kategori. Kamu bisa mengunjungi situs openlibrary.org untuk menikmati berbagai kategori yang ditawarkan.

Sama seperti PG, situs ini menawarkan banyak eBook gratis dan tentunya legal, dengan sekitar 15 kategori yang dapat dinikmati pembaca.

Di antaranya seni, fiksi ilmiah, fantasi, biografi, resep, dan romansa. Selain itu, dalam situs ini juga ditawarkan kategori sejarah, religi, misteri, musik serta sains.

Buku koleksi Open Library didominasi oleh buku novel, jadi, bagi kamu yang senang membaca novel fiksi maupun nonfiksi, kamu bisa mengunjungi situsnya.