Sukses

Apple Bakal Hadirkan Pemindai Sidik Jari di iPhone 13?

Menurut laporan terbaru, Apple tengah mempertimbangkan untuk menghadirkan pemindai sidik jari di layar untuk iPhone 13.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone dilaporkan akan segera memiliki sensor pemindai sidik jari di dalam layar. Bocoran informasi mengenai produk Apple ini diketahui dari laporan Bloomberg beberapa hari lalu.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Senin (18/1/2021), pemindai sidik jari di layar akan menjadi fitur kunci yang ada di iPhone 13, mengingat Apple sudah menguji coba teknologi ini dalam beberapa tahun terakhir. 

Kendati demikian, secara keseluruhan, iPhone 13 tidak akan membawa perubahan besar-besaran dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Untuk diketahui, sejak iPhone X, iPhone memang tidak lagi menyertakan fungsi pemindai sidik jari, kecuali di iPhone SE 2020. Sebagai gantinya, perusahaan membenamkan fitur Face ID.

Namun dengan kondisi pandemi yang mengharuskan pengguna selalu memakai masker, fitur ini terasa kurang optimal. Karenanya, fitur pemindai sidik jari di layar yang sudah ada di perangkat Android menjadi opsi.

Meski nantinya menghadirkan fungsi pemindai sidik jari di layar, Apple disebut masih menyertakan fungsi Face ID. Selain itu, perusahaan juga disebut tengah membahas kemungkinan menyingkirkan port pengisian daya di iPhone.

Langkah ini kabarnya dilakukan untuk sejumlah model yang mendukung pengisian daya nirkabel. Apple sendiri belum berkomentar mengenai bocoran ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple Kembangkan Prototipe Layar Lipat untuk iPhone

Di sisi lain, Apple dilaporkan tengah mulai mengembangkan smartphone layar lipat. Bahkan menurut Bloomberg, Apple mulai membuat purwarupa layar lipat iPhone.

Meski begitu kehadiran versi final dari iPhone layar lipat ini dilaporkan masih harus menunggu beberapa tahun ke depan. Sejauh ini, laporan menyebut Apple dalam upaya mengembangkan layar lipatnya.

Dikutip dari The Verge, Senin (18/1/2021), menurut Bloomberg, purwarupa awal layar lipat iPhone ini terdengar mirip dengan layar lipat yang digunakan oleh Samsung, Motorola, dan vendor smartphone lainnya.

Laporan juga menyebut, Apple tengah mencari cara untuk membuat layar yang dapat dilipat, dengan engsel yang sebagian besar tidak terlihat. Ketika dibuka, layar lipat ini berukuran iPhone 12 Pro Max.

Disebutkan pula, pihak Apple tengah membahas berapa ukuran dari layar lipat yang tengah digarapnya.

Perlu diketahui, Apple belum secara terbuka menunjukkan minat apa pun untuk membuat iPhone layar lipat. Apple dikenal memang jarang memperlihatkan minat mereka terhadap sebuah kategori produk baru, setidaknya hingga kehadirannya sudah hampir pasti.

3 dari 3 halaman

Persaingan Smartphone Layar Lipat

Pada sisi lain, pesaing utama Apple seperti Samsung dan Motorola telah merilis beberapa generasi smartphone layar lipat.

Samsung misalnya, pertama memperkenalkan smartphone layar lipat Galaxy Fold pada April 2019. Saat itu memang ada sejumlah masalah berkenaan produk ini.

Informasi lain yang juga disebutkan oleh Bloomberg adalah menyoal sejumlah produk Apple yang akan rilis tahun 2021. Terkait iPhone, laporan menyebut, iPhone 2021 akan hadir hanya dengan sedikit update teknologi dibandingkan.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.