Sukses

Bocoran Kuat, Galaxy S21 Tak Sertakan Kepala Charger di Kemasan

Liputan6.com, Jakarta - Perilisan flagship smartphone terbaru Samsung Galaxy S21 series hanya tinggal hitungan jam. Sejumlah bocoran mulai dari fitur, spesifikasi, desain, sampai ke harga sudah banyak diungkap di internet.

Namun, ada satu bocoran kuat yang tampaknya akan mengejutkan pengguna. Bocoran yang dimaksud adalah tampaknya Galaxy S21 tidak akan dibekali dengan kepala charger/adapter dalam kemasan boksnya.

Mengutip GSM Arena, Kamis (14/1/2021), sebuah gambar yang memperlihatkan kemasan Galaxy S21 beredar di internet.

Gambar dengan background hitam dan putih itu menunjukkan sebuah boks beserta unit Galaxy S21. Di mana, tampilan boks terlihat tipis, tak seperti ukuran boks Samsung Galaxy sebelumnya.

Di bawah gambar, terdapat keterangan tulisan tentang apa saja yang ada dalam kemasan, antara lain adalah Quick Start Guide (buku petunjuk singkat), USB Type C data cable, dan Ejector PIN untuk membuka SIM card slot.

2 dari 3 halaman

Hadir Tanpa Kepala Charger

Artinya, pengguna akan mendapatkan kabel USB type C untuk pengisian daya dan transfer data, sebuah ejector SIM card, dan buku petunjuk. Bocoran ini juga mengungkap, tidak akan ada kepala charger dan headset dalam kemasan.

Tampaknya kabel Type C yang dimaksud adalah kabel C to C, jadi pengguna sebaiknya memiliki adaptor yang cocok dengan ini.

Jika pengguna berencana menggunakan headset dengan kabel, sebaiknya pengguna memiliki headset USB Type C.

Perlu diketahui, sejumlah negara memiliki peraturan yang mengharuskan perangkat dijual dengan adaptor, bahkan headset untuk disertakan dalam boks smartphone baru.

Sayangnya Indonesia tidak memiliki aturan ini. Jadi kemungkinan besar Galaxy S21 yang dirilis di Indoensia tidak menyertakan adaptor/kepala charger atau pun headset.

3 dari 3 halaman

Sempat Hapus Iklan yang Ejek Apple

Rumor bahwa Samsung tak sertakan kepala charger di boks Galaxy S21 sudah beredar sejak beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Samsung kedapatan menghapus sebuah iklan Samsung yang mengejek Apple atas keputusan tidak menyertakan kepala charger (adaptor) pada kemasan iPhone 12.

Hal ini membuat banyak pihak menduga bahwa flagship smartphone Samsung mendatang, yakni Galaxy S21 tidak akan dibekali kepala charger.

Perlu diketahui, pada Oktober lalu, sebuah unggahan Facebook yang dibuat oleh Samsung Caribbean menyindir Apple yang menghilangkan kepala charger pada iPhone 12.

Unggahan yang dimaksud memperlihatkan foto adaptor charger dengan narasi "Included with your Galaxy" alias tersedia bersama dengan perangkat Galaxy yang dijual.

"(Smartphone) Galaxy memberikan semua yang dibutuhkan, mulai dari hal dasar seperti charger, kamera terbaik, baterai, performa, memori, dan layar 120Hz dalam sebuah smartphone," kata Samsung dalam iklan yang diunggah 13 Oktober 2020, beberapa saat setelah Apple merilis iPhone 12-nya.

(Tin/Ysl)

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Manisnya Boba