Sukses

Pembayaran Online ke Luar Negeri Jadi Solusi Aman Selama Pandemi

Beragam bisnis menyadari mereka dapat menghemat waktu dan biaya dengan menggunakan pembayaran online sepenuhnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ekosistem pembayaran Indonesia dinilai mampu menangani lonjakan pembayaran online sepanjang 2020. Bank Indonesia melaporkan transaksi digital perbankan naik 37,8 persen dari tahun ke tahun.

Hal tersebut memicu peningkatan transaksi pembayaran digital secara nasional sebesar 84,6 persen selama 2020.

Institusi perbankan mempunyai kapasitas yang cukup untuk mengakomodasi penambahan volume pembayaran online. Sayangnya, bank masih mengharuskan pebisnis untuk datang ke cabang terdekat guna memproses transaksi internasional.

Kehadiran fisik seperti itu tentunya memiliki risiko, mengingat pandemi Covid-19 menyebar luas.

Namun, hingga saat ini belum banyak platform yang melayani pembayaran online lintas negara yang sepenuhnya secara online di Indonesia.

Solusi yang sudah hadir pun menawarkan layanan terbatas karena hanya bisa memfasilitasi pengiriman uang ke Indonesia (transaksi inbound), namun tidak ke luar negeri (transaksi outbound).

Ceruk pasar inilah yang tengah digarap Wallex sebagai platform spesialis transaksi outbound internasional di Indonesia.

COO Wallex, Hiro Kiga, mengklaim semakin banyak perusahaan di Indonesia mengadopsi solusi online karena mereka ingin menghindari aktivitas pergi ke kantor cabang bank saat melakukan transaksi ke luar negeri.

"Selain itu, beragam bisnis menyadari bahwa mereka dapat menghemat waktu dan biaya dengan menggunakan pembayaran online sepenuhnya," ujar Hiro melalui keterangannya, Kamis (13/1/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Transaksi Perusahaan Naik 4 Kali Lipat

Berbasis di Singapura, Wallex mengklaim telah melayani ratusan perusahaan di Tanah Air, di mana lebih dari setengahnya beralih ke Wallex selama 2020.

Hingga saat ini, Wallex memiliki nyaris 10 persen dari pangsa pasar pembayaran ke luar negeri yang diproses oleh lembaga keuangan non-bank.

Keunggulan Wallex terletak pada kemahirannya untuk melampaui tantangan yang umumnya dihadapi oleh solusi pembayaran online ke luar negeri.

Popularitas Wallex di kalangan pebisnis Indonesia berhasil mendorong pertumbuhan jumlah transaksi perusahaan hingga empat kali lipat sepanjang 2020, jika dibandingkan tahun sebelumnya.

 

3 dari 3 halaman

Tantangan di Indonesia

Hiro mengungkapkan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi perusahaan di pasar Indonesia adalah rendahnya kesadaran di antara perusahaan-perusahaan domestik akan ragam manfaat yang ditawarkan oleh solusi pembayaran online tanpa bank untuk transaksi internasional.

"Strategi Wallex untuk melampaui rintangan tersebut adalah dengan selalu menjadi mitra andal yang memungkinkan para klien melampaui segala tantangan sepanjang proses transformasi digital mereka," ucapnya menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.